Objek Wisata Museum Lewu Hante di Pasar Panas – Bar-Tim

0 130

Kabupaten Barito Timur adalah kabupaten yang kaya akan sejarah dan tempat wisata nya, salah satu nya adalah Museum Lewu Hante yang ada di Kec Banua Lima, Taniran. Dalam bahasa Dayak maanyan, Lewu Hante yang berarti Rumah Besar atau sering di sebut Rumah Betang. Rumah betang adalah rumah adat khas Kalimantan yang terdapat diberbagai penjuru Kalimantan dan dihuni oleh masyarakat Dayak terutama di daerah hulu sungai yang biasanya menjadi pusat pemukiman suku Dayak.

Museum lewu hante ini terletak di perbatasan provinsi Kalimantan Selatan dengan provinsi kalimantan tengah, museum ini juga menyimpan barang barang bersejarah seperti : bangah (guci), tombak, mandau, gong dan beberapa alat musik lain nya, serta beberapa pistol dan samurai. Objek wisata ini memiliki 2 replika rumah betang yang salah satu nya di pakai untuk museum. rumah betang ini tidak di huni, tetapi hampir nyerupai rumah betang asli yang di huni oleh suku dayak.

  

Di halaman musem ini juga memiliki taman yang luas untuk bersantai yang di lengkapi dengan beberapa replika – replika gambaran yang bermotif dayak, beberapa kafe yang ada di pinggir museum, serta adanya patung “upu dengan wawei” yang berarti laki – laki dan perempuan yang ada di depan panggung.

Source http://sangkaicity.blogspot.com http://sangkaicity.blogspot.com/2016/01/objek-wisata-museum-lewu-hante-di-pasar.html
Comments
Loading...