Objek Wisata Kolam Ikan Dewa Kuningan

0 188

Objek Wisata Balong Cigugur

Objek wisata Balong Cigugur merupakan salah satu wisata kolam Ikan Dewa yang terletak di Kec. Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat, Indonesia, lokasinya tidak terlalu jauh dari Gua Maria Sawer Rahmat kurang lebih 15 menit, dan merupakan salah satu objek wisata yang berada di Kab. Kuningan. Dari namanya saja kita sudah bisa memahami pasti ada mitos yang terdapat didalamnya ya memang benar sekali banyak mitos yang berkembang dimasyarakat bagaimana kolam ikan dewa ini tercipta dan bagaimana ikan-ikan ini bisa hidup didalamnya.

Kolam Ikan Dewa

Ikan Dewa merupakan merupakan salah satu spesies unik dan penting yang hidup di balong Cigugur, ikan ini di Jawa Barat memiliki nama lokal ikan kancra bodas yang memiliki nama latin Labebobarbus Douronensis, yang merupakan ikan air tawar endemik yang hanya hidup di wilayah Kabupaten Kuningan. Secara umum ikan dewa ini memiliki gambaran morfologi yang mirip dengan ikan mas. Karakter unik yang dimiliki oleh genus Labebobardus adalah keberadaan dan ukuran cuping pada bibir bawah.

Menurut Kottelat et al (1993) menegaskan bahwa ikan marga Labebobarbus pada umumnya merupakan jenis ikan yang terancam punah karena kerusakan hutan dan penangkapan yang berlebihan. Adanya penebangan hutan yang tak terkendali menyebabkan penurunan debit mata air dengan begitu juga terjadilah penurunan debit mata air yang terdapat pada tempat dimana biasanya ikan dewa ini tinggal. Oleh karena itu banyak mitos yang beredar didalamnya dengan tujuan untuk melestarikan keberadaan habitat ikan dewa itu sendiri, dan semua mitos yang berkembang merupakan suatu kearifan lokal untuk memelihara kelestarian alam dan juga menjaga agar ikan dewa ini tidak punah.

Harga Tiket Masuk

Biaya yang diperlukan untuk masuk kedalam kolam ikan dewa ini adalah Rp. 11.000/orang, didalam kita dapat menikmatai pemandangan kolam beserta ikannya dan juga kita bisa menggelar tikar didalam sambil menikmati bekal yang kita bawa dari rumah. Jika Anda tidak membawa bekal jangan kuatir disana juga terdapat warung jajanan yang buka, jika anda lelah anda juga bisa relaksasi dengan merendam kaki anda didalam kolam dan rasakan sensasi dimana ikan akan memakan kulit mati anda. Dan disana kita juga bisa berenang bersama dengan ikan, itupun kalau Anda berani.

Akses

Dari Jakarta: Jakarta – Cirebon – Kuningan, sebelum masuk kota Kuningan, di terminal Cirendang belok kanan menuju Cigugur – lalu menuju Kolam ikan Dewa (sebelah kiri jalan utama) Dari Bandung: Bandung – Tasikmalaya – Kuningan – Cirebon. Sebelum masuk kota Kuningan (sesudah Waduk Darma) atau di Cigadung belok ke kiri melewati Cigugur – lalu menuju Kolam ikan Dewa (sebelah kiri jalan utama).

Source Jalan Wisata berduakeliling
Comments
Loading...