Objek Wisata Jembatan Ratapan Ibu

0 102

Jembatan Ratapan Ibu

Jembatan Ratapan Ibu merupakan salah satu sejarah saksi bisu kekejaman penjajah Hindia Belanda terhadap bangsa Indonesia setelah lebih dari 350 tahun belanda menjajah Negara Indonesia. Terletak di Kota Payakumbuh, yang dulunya merupakan bagian dari Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Jembatan ini terbentang sepanjang lebih dari 30 meter, dan memiliki desain khas jembatan-jembatan masa lampau. Dibangun tanpa menggunakan besi, jembatan ini dibangun hanya dengan menggunakan batu merah, kapur dan semen saja.

Tempat tersebut mejadi salah satu tepat wisata yang  sering di kunjungi oleh para wisatawan yang ingin mengenal budaya dan saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia pada masa lalu. Jembatan ini melintasi beberapa jalan. Jembatan yang indah apabila di lihat dari kejauhan ini juga merupakan salah satu saksi bisu yang bersejarah karena menjadi tempat dieksekusi nya para pejuang kita oleh tentara Belanda. Banyak dari pejuang kita yang harus merenggang nyawa di jembatan ini.

Para pejuang yang ditembak, jasadnya lalu akan langsung dibuang pada sungai yang mengalir dibawah jembatan. Sementara masyarakat sekitar hanya dapat melihat dan pasrah akan kejadian ini, tanpa bisa berbuat apapun. Para ibu-ibu hanya bisa pasrah dan meratapi peristiwa mengenaskan ini. Untuk mengenang peristiwa menyedihkan ini, nama”Ratapan Ibu” diberikan. Banyak sekali para wisatawan yang melihat dan berkunjung ke objek wisata Jembatan Ratapan Ibu, karena bekas penjajahan pada jaman dahulu.

Jempatan tersebut sangat di kenal oleh para wisatawan karena dekat dengan jalan dan mudah di akses oleh masyarakat luas. Walaupun banyak peristiwa menyedihkan yang terjadi pada bumi pertiwi semasa penjajahan, tapi kita tetap harus mengakui peninggalan Belanda ini merupakan sebuah objek bersejarah yang kokoh. Di daerah Sumatera Barat masih banyak terdapat bangunan-bangunan Belanda yang hingga kini masih berdiri kokoh.

Salah satunya adalah jembatan ini, yang belum menunjukkan tanda-tanda keropos. Padahal, jembatan yang berada di tengah Kota Payakumbuh ini merupakan salah satu akses utama bagi masyarakat untuk melaksanakan kegiatan sehari hari mereka. Bahkan, jembatan itu sejauh ini masih terlihat kokoh meski sudah sering digoyang gempa.

Dengan hal tersebut dapat menjadi tempat wisata untuk berkunjung ke daerah tersebut.   Dari objek-objek wisata seperti ini lah kita dapat mengerti bagaimana sejarah negara kita dari jaman penjajahan dahulu. Baik wisatawan Lokal maupun mancanegara banyak sekali yang datang ke tempat tersebut untuk melihat objek wisata yang telah terkenal tersebut.

Lokasi Jembatan Ratapan Ibu dapat pula di lihat melalui google maps dan tahu  letak dengan detail nya seperti apa Berada di Jl. Jend A Yani No.78, Daya Bangun, Payakumbuh Bar., 26218, Ibuh, Payakumbuh Barat, Ibuh, Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat 26218

Semoga info tersebut dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin melakukan liburan akhir pekan bersama keluarga anda di rumah dengan mengunjungi tempat wisata Jembatan Ratapan Ibu yang bersejarah yang menjadi saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia pada masa lampau.

Source https://wisato.id https://wisato.id/wisata-alam/objek-wisata-jembatan-ratapan-ibu/
Comments
Loading...