Danau Sentarum Kalimantan Barat

0 128

Danau Sentarum

Danau sentarum adalah sebuah hamparan dari aliran hulu Sungai Kapuas ketika debit air mencapai volume  tertinggi, luasnya membentang hingga 1320 Km2 atau lebih dari luas permukaan Danau Toba yang hanya mencapai 1130 Km2, danau berair tawar ini akan mencapai kedalamannya pada musim penghujan 7 hingga 8 meter serta akan menjadi sebuah hamparan sabana yang luas yang hanya di tumbuhi rumput dan ilalang pada saat puncak musim kering tiba, hutan hutan yang berada di Taman Nasional Setarum sebagai hutan rawa yang tergenang dan di beberapa bagian adalah hutan hujan tropika yang selalu basah dan lembab yang di dominasi oleh pohon pohon besar, dan tentu saja di danau ini memiliki Keberagaman Ekosistem dari kehidupan Flora dan Faunanya.
Tahun tahun ini pengembangan potensi wisata telah di galakan oleh pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, untuk mengenalkan beberapa obyek wisata yang mempunyai daya tarik unggulan kepada para wisatawan Indonesia, dari beberapa obyek wisata tersebut pengenalan yang nampak mencolok pada obyek wisata Danau Sentarum yang selalu di adakan festival tahunan, dan biasanya akan di selenggarakan pada akhir tahun.

Sejarah Danau Sentarum

  • Di tahun 1994 Suaka Margasatwa Taman Nasional Danau Sentarum di tetapkan menjadi lokasi Ramsar di Indonesia, di karenakan menjadi salah satu wakil daerah hamparan banjir ( lebaklebung, floodplain ) yang sangat penting, bukan hanya untuk bangsa Indonesia, namun juga bagi dunia Internasional.
  • Di tahun 1999 Suaka Margasatwa Danau Sentarum berganti fungsinya menjadi kawasan Taman Nasional Danau Sentarum melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan No. 34 / Kpts-II/1999 tanggal 4 Februari 1999 dengan luas 132.000.

Akses Danau Sentarum

Pontianak-Sintang-Semitau menggunakan kendaraan roda empat sekitar 11 jam atau Sintang-Semitau menggunakan Longboat (bandong) ditempuh sekitar tujuh jam. Dari Semitau ke lokasi menggunakan perahu motor jurusan Lanjak. Pontianak-Putussibau dengan pesawat terbang sekitar dua jam dan dari Putussibau ke Nanga Suhaid dengan longboat sekitar Tujuh jam.

Lokasi Danau Sentarum

Taman Nasional Danau Sentarum adalah Taman Nasional yang melindungi keanekaragaman hayati Danau Sentarum. Taman nasional ini terletak di Kalimantan Barat, Indonesia. Sekitar setengah taman ini terdiri dari Danau. Alamat Nanga Leboyan, Sentarum, Nanga Leboyan, Danau Sentarum, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat 78765, Indonesia

Harga Tiket Masuk ke Danau Sentarum

Anda bisa memilih penerbangan Pontianak – Sintang dengan perjalanan kurang lebih 45 menit dan biaya sekitar Rp. 700.000 – Rp. 800.000 per perjalanan. Kemudian di lanjutkan dengan perjalanan darat bisa dengan travel atau taxi menuju Semitau atau Jongkong, waktu perjalanan sekitar 4-6 jam dan biaya Rp 150.000 – Rp 200.000 per perjalanan. Sesudah itu melanjutkan perjalanan Sungai menuju ke kawasan Danau atau rute pesawat Pontianak – Putussiabu – Lanjak, kemudian lanjut menggunakan transportasi umum Sungai Lanjak – Semitau – dan berhenti di salah satu Desa atau Kampung yang ada.

Transportasi di Danau Sentarum

Masyarakat Danau Sentarum lebih sering menggunakan speedboat untuk transportasi sehari – hari. Kawasan Danau Sentarum merupakan jalur pintas antara Semitau, Selimbau atau Suhaid dengan daerah utara contohnya Lanjak, Guntur, Kapar dan Empaik menuju Badau atau sebaliknya. Jalur ini ramai di lalui speedboat dan motor bandung yang membawa masyarakat yang pulang kampung baik dari luar ke Kapuas Hulu ataupun sebaliknya, di saat mendekati hari Raya Idul Fitri dan Natal.

 

Source danau sentarum kalimantan barat
Comments
Loading...