Objek Wisata Alam dan Wisata Edukasi Kebun Efi di Tanah Karo

0 103

Destinasi wisata alam dan edukasi dengan luas 28 hektar ini memiliki udara yang sejuk sebab berada di Perbukitan Puncak 2000 Siosar Desa Kacinambun, Kabanjahe. Di sini terdapat peternakan hingga arena camping yang menyenangkan! Nggak usah lagi lama-lama, berikut ulasannya!

Lokasi Kebun Efi

Wisata alam dan edukasi yang dikelola oleh Felix Zulhendri dan Erica Yip ini berlokasi di Jl. Kabanjahe, Siosar, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Jarak dari pusat Kota Medan ke lokasi ini cukup lumayan; yakni sekitar 91 Km. Jika menggunakan kendaraan, waktu yang dibutuhkan untuk sampai Kebun Efi kurang lebih adalah 3 jam lebih 15 menit melalui Jl Jamin Ginting. Meski lumayan jauh, Teman Traveler akan dapat jaminan pemandangan dan udara yang segar.

  

Arena Camping Kebun Efi

Kebun Efi di Tanah Karo, memang lengkap. Salah satu kawasan atau area yang belum lama ini dibuka adalah arena campingnya. Di sini, tersedia 10 tenda yang masing-masing “dikurung” menggunakan gubuk kayu beratapkan jerami yang instagenic. Tenda-tenda tersebut dibuat berjejer dan saling berhadapan. Dalam satu tenda yang masing-masing sudah dilengkapi listrik ini, mampu menampung kurang lebih 5 orang. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, seperti toilet yang bersih, terawat dan jumlahnya lumayan banyak. Teman Traveler tidak perlu khawatir soal itu.

Madu Kebun Efi

Selain menyediakan sarana untuk camping, di Kebun Efi juga terdapat sekitar 7 cluster peternakan lebah. Peternakan lebah ini langsung dikelola oleh pemiliknya, Felix Zulhendri, yang sebelumnya selama 11 tahun tinggal di New Zealand dan bekerja sebagai peneliti di bidang ilmu pangan dan bioproteksi. Peternakan madu yang ada di sini, terinspirasi dari industri madu di New Zealand yang sukses.

Suhu di kawasan ini berada di antara 16 – 27 derajat. Lanskapnya juga ditumbuhi bunga liar tropis lokal yang berbunga sepanjang tahun. Dua perpaduan ini, menjadi kriteria sempurna bagi lebah madu Western (Apis mellifera) untuk diternakkan. Teman Traveler bisa langsung menikmati madunya lho. Baik dalam bentuk minuman atau madu alami di dalam kemasan kaca.

Peternakan Sapi dan Kuda di Kebun Efi

Sebab luasnya yang tidak main-main, Kebun Efi di Tanah Karo ini seperti melengkapi diri untuk memuaskan para pengunjung dengan berbagai spot atau arena wisata. Termasuk di dalamnya adalah peternakan sapi dan kuda. Dua hewan ini bisa Teman Traveler temukan saat berkunjung ke sini; berada di dalam kandangnya atau dilepas. Jika berniat untuk menggambil gambar dengan keduanya, siapkan pose dan kamera terbaik ya!

Perkebunan Bunga yang Cantik dan Instagenic

Saat berkunjung ke sini, perkebunan bunga jadi salah satu spot yang banyak diminati. Yap! Tentu saja untuk berfoto. Latar belakang bunga yang berwarna-warni memang cantik sekali. Terlebih, bunga di sini tumbuh sepanjang tahun. Bunga yang banyak tumbuh di sini antara lain sejenis Kenikir Hias, Sulfur cosmos dan Amaranthus cruenthus. Mereka cantik dengan warna-warnanya yang menyegarkan.

Kebun Jeruk

Kebun Efi di Tanah Karo, juga memiliki perkebun jeruk yang bisa dinikmati para pengunjungnya. Teman Traveler boleh memetiknya sendiri sesuai selera dan kebutuhan. Nanti, akan ditimbang oleh petugas dan dihargai. Perkebunan jeruk di kawasan ini memiliki pohon-pohon yang pendek. Saat berbuah, jeruk-jeruk akan menggerombol, bergantung di dahan-dahan, menyegarkan mata!

Jika kebetulan sedang berada di sekitar Sumatera Utara, menyempatkan untuk mampir dan menikmati kesegaran Kebun Efi di Tanah Karo, jelas tidak ada ruginya. Koleksi foto-foto instagenic Teman Traveler akan bertambah, pun dengan pengetahuan tentang madu serta tetumbuhan yang ada di sini.

Source https://travelingyuk.com https://travelingyuk.com/kebun-efi-di-tanah-karo/134661/
Comments
Loading...