Objek Wisata Alam Air Terjun Tadah Hujan Pati Jateng

0 164

Air Terjun Tadah Hujan  

Air Terjun Tadah Hujan merupakan salah satu obyek wisata yang paling diminati oleh para wisatawan di Pati. Air Terjun Tadah Hujan berada di Desa Sukolilo, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas Anda sehari-hari.

Aksesbilitas Air Terjun Tadah Hujan

Dilihat dari namanya banyak yang menduga jika air terjun ini memiliki konsep yang sama dengan sawah tadah hujan yang hanya mendapat pasokan air saat musim hujan semata. Namun dugaan tersebut keliru, Air Terjun Tadah Hujan mengalirkan air sepanjang tahun meski musim kemarau. Karena kelimpahan airnya tersebut kemudian warga sekitar mengandalkannya sebagai pemasok air bersih. Pipa-pipapun dibangun untuk mengalirkan air ke desa-desa. Anda bisa melihat pipa tersebut dipasang sepanjang jalan desa Sukolilo yang semuanya menuju pada satu sumber yaitu Air Terjun Tadah Hujan.

Keindahan Air Terjun Tadah Hujan 

Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 75 meter ini memiliki kolam alami di bawahnya. Air yang dihasilkan berwarna agak kehijauan. Tidak jauh dari air terjun juga ada kolam kecil yang dibuat warga dengan air yang lebih jernih. Di Wisata Air Terjun Tadah Hujan ini anda bisa berenang dan mandi. Air Terjun Tadah Hujan memiliki lingkungan yang masih cukup asri dengan pohon-pohon besar yang tumbuh subur menjadikannya payung alami yang membuat kawasan sekitar menjadi teduh.

Rute Menuju Air Terjun Tadah Hujan 

Air Terjun Tadah Hujan

Air Terjun Tadah Hujan

Air Terjun Tadah Hujan

Jika dari jalan pasar lama Sukolilo tepatnya Jl. Raya Pati-Purwadadi, perkiraan perjalanan 4 menit dengan sepeda motor menuju timur. Saat Anda mengunjungi curug itu, di sepanjang perjalanan menuju lokasi tampak di kanan serta kiri jalan gang desa sangat banyak paralon paralon yang terisi dengan air bersih yang tersalurkan menuju rumah-rumah penduduk Sukolilo serta sekitarnya. Jika anda memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya anda bisa berhenti di terminal bus kota Pati. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek menuju Desa Sukolilo lalu berjalan kaki hingga sampai di lokasi Wisata Air Terjun Tadah Hujan.

Source wisata pati
Comments
Loading...