Objek Wisata Air Terjun Riam Kinarum

0 40

Riam Kinarum

Objek wisata Riam Kinarum yang terletak di Desa Kinarum Kecamatan Upau ini selalu ramai dikunjungi, terutama pada hari-hari libur atau akhir pekan. Objek wisata ini menawarkan keindahan alam, yaitu berupa aliran sungai kinarum yang membentuk sebuah jeram dan dihiasi dengan batu-batu besar. Disamping kanan-kiri sungai terdapat tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi oleh pohon-pohon besar.

Ketika hari libur Riam Kinarum selalu ramai dikunjungi masyarakat baik karena akses menuju objek wisata ini cukup dekat dan mudah. Orang-orang yang berkunjung ke tempat wisata ini biasanya selalu mandi atau bermain di sungai Kinarum karena sungai ini airnya bersih dan menyegarkan.

Bendungan Kinarum

Riam Kinarum sekarang ini mulai ramai kembali dikunjungi oleh masyarakat. Hal itu dikarenakan Riam Kinarum mempunyai objek wisata baru, yaitu Bendungan Kinarum. Jika dulu pengunjung hanya bisa menikmati indahnya sungai Kinarum beserta arus jeramnya, kini pengunjung mempunyai alternatif lain yang bisa dinikmati. Bendungan Kinarum ini tidak seperti bendungan-bendungan lain, Bendungan Kinarum hanya memiliki luas 5 hektare. Namun walaupun demikian, Bendungan Kinarum tetap menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Pembangunan Bendungan Kinarum di Desa Kinarum Kecamatan Upau, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan selain berfungsi membantu pengairan persawahan sekaligus menjadi objek wisata andalan di wilayah ini. Saat meninjau lokasi pembangunan Bendungan Kinarum Bupati Tabalong Anang Syakhfiani di Tanjung, mengatakan, warga lokal yang mayoritas petani karet bisa mendukung keberadaan bendung yang dibangun dengan dana Rp50 miliar ini sebagai lokasi wisata di kabupaten yang terkenal dengan buah Langsatnya ini.

Bendungan Kinarum nantinya selaian menunjang sistem pengairan sawah di Desa Marindi, Desa Pangelak dan Desa Kinarum juga bisa menjadi tujuan wisata di Tabalong sehingga ada diversifikasi usaha bagi petani karet yang berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat,” jelas Anang. Pembangunan Bendungan Kinarum oleh Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalsel pada lahan seluas lima hektare dan tahun ini dilanjutkan dengan pembangunan saluran sekunder dengan menggunakan dana APBD provinsi.

Karena itu Pemerintah Kabupaten Tabalong akan menyiapkan lahan seluas 4,2 hektare untuk kelanjutan pembangunan saluran irigasi sekunder di Bendungan Kinarum. Bendung Kinarum sendiri dibangun di Sungai Kinarum dengan daerah layanan irigasi mencakup Desa Kinarum seluas 139 hektare, Desa Pangelak 116 hektare dan Desa Marindi Kecamatan Haruai seluas 749 hektare. Setelah redup beberapa tahun dikarenakan tragedi air bah/banjir bandang kini riam kinarum eksis lagi dengan wajah baru dan menjadi salah satu objek wisata alam andalan di Kecamatan Upau bahkan menjadi salah satu andalan Kabupaten Tabalong.

Source https://haruai-wirang.blogspot.com https://haruai-wirang.blogspot.com/2016/11/wajah-baru-objek-wisata-riam-kinarum.html
Comments
Loading...