Objek Wisata Air Terjun Kahyangan Tirtomoyo Wonogiri

Espos/Suharsih Kahyangan terletak di Desa Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri. SOLOPOS MINGGU 15 AGUST 2010 HAL 1 ASALE
0 407

Objek Wisata Kahyangan Tirtomoyo

Objek wisata Kahyangan Tirtomoyo merupakan salah satu objek wisata yang ada di Kecamatan Tirtomoyo adalah Kahyangan, yang terletak di Desa Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo. Objek wisata Kahyangan dikelola oleh pemerintah daerah, namun masih terdapat hubungan dengan keraton Yogyakarta, didalamnya terdapat pesiraman pemandian, sebagai tempat untuk ritual. Tempat Wisata tersebut ramai didatangi pengunjung pada hari-hari tertentu saja, misalnya pada malam satu syuro, pada malam selasa kliwon dan malam jumat kliwon.

Khusus pada malam satu syuro terdapat wayang sehingga ramai didatangi pengunjung. Objek wisata tersebut buka setiap hari namun ramai pada pukul 13.00 wib sampai dengan 21.00 wib. Pengunjung pengunjung yang datang sebagian besar berasal dari daerah itu sendiri (Kecamatan Tirtomoyo dan Kabupaten Wonogiri) namun ada juga yang berasal dari luar daerah misalnya dari Yogyakarta, Jakarta, Semarang dll. Pengunjung yang datang terdapat dua jenis, yang pertama datang untuk berekreasi dan yang kedua datang untuk bersemedi, dan banyak juga yang datang untuk berdoa memohon petunjuk pada tuhan.

Keindahan Air Terjun Kahyangan Tirtomoyo

Banyak keindahan alam yang dimiliki Kecamatan Tirtomoyo. Selain terkenal dengan wisata spiritual Kahyangan, berbagai potensi ekonomi banyak ditemukan di kecamatan ini. Kecamatan Tirtomoyo menjadi salah satu wilayah berpotensi di Wonogiri. Keadaan alam yang dikelilingi bukit tersebut seakan-akan terbelah menjadi dua. Hal ini karena di tengah-tengah wilayah seluas 9.301.08 hektare (ha) itu mengalir Sungai Wiroko. Sungai terbesar di daerah tersebut dan menjadi sungai penghidupan masyarakat. Potensi kerajinan yang cukup banyak di wilayah ini menjadi salah satu potensi yang perlu digarap.

Sejarah Air Terjun Kahyangan Tirtomoyo

Keberadaan obyek wisata spiritual Kahyangan, menambah kekayaan potensi di kecamatan ini. Lokasi tersebut selalu disinggahi oleh petinggi daerah dan setiap Bulan Sura digelar wayang kulit semalam suntuk. Guna menarik wisatawan, pengelola obyek wisata di Bulan Sura membuat obor sepanjang jalan masuk. Menurut penuturan beberapa warga stempat, lokasi wisata Kahyangan merupakan tempat bertapa Panembahan Senapati, salah satu leluhur Kerajaan Mataram.

Bahkan, menurut kepercayaan masyarakat, air di lokasi tersebut membawa berkah dan menjadi sumber kecantikan atau awet muda saat dibasuhkan ke muka. Lokasi wisata tersebut, boleh dibilang belum optimal difungsikan. Belum banyak wisatawan yang mampir ke lokasi tersebut. Bagi masyarakat sekitar Surakarta, Kahyangan sudah sangat terkenal. Untuk mendukung promosi, pihak Dinas Perhubungan, Pariwisata, Seni dan Budaya (DPPSB) setempat telah membuat papan penunjuk lokasi tersebut. Selain itu, leaflet yang dicetak oleh DPPSB, lokasi wisata Kahyangan juga termasuk salah satu obyek wisata andalan Wonogiri.

Source wisata wonogiri
Comments
Loading...