Objek Wisata Aia Tigo Raso Maninjau Sumatera Barat

0 9

Sumber Mata Aia Tigo Raso

Objek Wisata Aia Tigo Raso (Air Tiga Rasa) itulah sebutan dari sumber mata air unik ini terletak di Jorong Muko-muko, Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam Sumatera Barat. Objek Wisata Aia Tigo Raso ini memang belum setenar Danau Maninjau atau Puncak Lawang pada umumnya namun tidak ada salahnya juga kalau anda berada di Kawasan Wisata Danau Maninjau untuk mengujungi tempat ini.

Untuk menuju lokasi Wisata Aia Tigo Raso ini tidaklah begitu sulit jika anda dari Bukittinggi anda bisa langsung menuju jalan ke Lubung Basung, setelah itu sebelum anda sampai ke PLTA Muko-muko anda akan melihat sebuah papan nama yang bertuliskan Objek Wisata Aia Tigo Raso dan sekitar 20 Meter lagi anda akan sampai ke lokasi dimana Sumber Aia Tigo Raso itu berada.

Kolam Yang berukuran sekitar 2 x 3 Meter ini mungkin akan terlihat biasa saja jika anda pertama kali mengujunginya, namun setelah anda mencoba untuk mencicipi rasa dari beberapa sumber mata air ini anda pasti akan terheran-heran karena dari beberapa sumber mata air ini, anda akan mendapati 3 rasa yang berbeda yang pertama rasanya sedikit manis, yang kedua terasa sepat dan agak pahit dan ketiga rasanya sedikit asam.

Sejarah Sumber Mata Aia Tigo Raso

Sumber mata Air ini sebenarnya sudah ditemukan semenjak tahun 1970 namun keberadaan sumber mata air ini tidaklah banyak yang mengetahuinya, sampai pada suatu saat ada wisatawan dalam negeri yang berasal dari nias yang merasakan ada yang berbeda dari sumber mata air tersebut dan saat itulah sumber mata air ini banyak di bicarakan orang-orang.

Dulu juga ada yang mengatakan bahwa di tempat ini pernah di adakan penelitian dari salah satu Universitas tentang sumber mata air ini, dan hasil dari penelitian itu disimpulkan bahwa sumber mata air ini memiliki khasiat yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit kulit dan selain itu juga bisa menyembuhkan penyakit lainnya.

Yang menariknya disini adalah tidak adanya pemungutan biaya jika berkunjung ataupun mengambil air dari sumber Mata Aia Tigo Raso ini. Anda hanya akan di anjurkan berinfak seikhlasnya saja, kalau anda tidak mempunyai uang lebih anda tetap diperbolehkan berkunjung ataupun mengambil air dari sumber Mata Aia Tigo Raso ini.

Source https://aet.co.id https://aet.co.id/pariwisata/objek-wisata-aia-tigo-raso-sumatera-barat
Comments
Loading...