Ngalau Talago di Sijunjung, Hadirkan Pesona Gua yang Eksotis

0 67

Ngalau Talago

Ngalau Talago Sijunjung memang tempat wisata yang unik dan wajib untuk di kunjungi bersama teman dan keluarga. Ngalau yang berada di Kabupaten Sijunjung ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya.Dalam bahasa Minangkabau Ngalau atau Gua dalam Bahasa Indonesia. Kemudian nama Ngalau ini juga di sesuaikan dengan ke adaan ngalau tersebut. Dan Ngalau Talago di beri nama karena Ngalau tersebut terdapat sebuah Talago di dalam Ngalau tersebut.

  

Pesona Wisata Ngalau Talago Sijunjung ini keadaannya memang cukup eksotis. Di bagian dalam ngalau tersebut memiliki beberapa buah ruangan yang memiliki keunikan tersendiri bagi pengunjungnya. Dan bagi pengunjung yang ingin menyaksikan keunikan gua ini akan melewati berbagai rintangan tersendiri. Jika anda ingin mengisi liburan dan sangat suka dengan menjelajahi alam dan tantangan maka Ngalau Talago Sijunjung adalah pilihan yang sangat tepat bagi anda.

Keindahan Ngalau Talago

Sumatera Barat menyimpan keindahan yang sangat luar biasa seperti yang ada di Sijunjung ini contohnya yang tepatnya berada di Nagari Silokek di Kecamatan Sijunjung dan Provinsi Sumatera Barat. Bagi yang mengunjungi ngalau ini maka akan menjadi kenangan dan pengalaman yang tidak akan terlupakan. Dalam ngalau ini anda bisa melihat keunikan dari ngalau ini yaitu memiliki beberapa ruangan yang dapat kita telusuri dan akan menjadi daya tarik tersendiri. Kemudian pemandangan yang ada di dalam ngalau tersebut penuh di hiasi oleh bebatuan kapur stalaktif dan stalakmit yang juga meneteskan beningnya air tetesannya.

Jika tetesan tersebut terkena cahaya maka tetesan air tersebut akan berwarna-warni sehingga menambah indahnya ngalau tersebut dan jarang sekali kita akan menyaksikan tempat tersebut di tempat lainnya. Kemudian keindahan Ngalau Talago Sijunjung lainnya adalah mempunyai daya tarik dan unik yaitunya adanya sebuah talago yang sangat indah di dalamnya pada saat musim hujan, dan kita juga bisa berenang sepuasnya di talago yang ada di dalam ngalau tersebut. Di pada saat musim kemarau maka airnya sangat sedikit.

Yang menjadi daya tarik ngalau ini adalah adanya sebuah bebatuan yang menyerupai seekor gajah dan kemudian juga ada bebatuan yang juga agak mirip dengan seekor buaya di beberapa ruangan di ngalau tersebut menjadikan bertambah uniknya ngalau tersebut. Kemudian di dalam Ngalau Talago Sijunjung ini juga ada sebuah lubang seperti sebuah sumur yang memiliki panjang sekitar 8 meter dan kedalaman sumur tersebut belum di ketahui sampai sekarang.

Jika anda melempar batu kedalam lubang tersebut maka anda tidak akan mendengar jatuhnya suara batu tersebut karena sangat dalamnya sumur tersebut. Dan di sarankan agar pengunjung membawa senter dan berhati-hati di dalam Ngalau tersebut. Bagi anda yang sangat menyukai berfoto dan berselfi maka tempat ini juga cocok, karena di dalam ngalau ini memiliki pemandangan yang unik dan menarik kemudian mempunyai latar belakan yang yang sangat indah untuk di jadikan momen yang berharga dan jangan lupa bawa kamera yang bagus agar hasilnya menjadi bagus juga.

Lokasi Ngalau Talago

Untuk anda yang ingin mengunjungi ngalau Talago Sijunjung ini lokasinya berada di Nagari Silokek, Kecamatan Sijunjung dan Provinsi Sumatera Barat. Dan bagi anda yang berada di Kota Padang maka anda bisa menuju arah Muaro Sijunjung. Setelah sampai di Muaro Sijunjung maka kita dapat langsung menuju arah Kenagarian Silokek yang berjarak lebih kurang 12 km saja.

Untuk mengunjungi Ngalau Talago tidak sulit, kita berjalan dari Ngalau Cigak atau yang lebih tepatnya dari Pulau Andam Dewi kita akan melakukan bejalan kaki ke Ngalau Talago dengan jarak 1,5 km. Di dalam perjalanan kita akan menempuh perjalanan yang sulitdan menantang. Di perjalanan kita juga akan menemukan tanjakan dengan kemiringan 70 derajat.

Memang pejalanan menuju Ngalau Talago Sijunjung inisangat melelahkan, akan tetapi jika kita telah sampai maka rasa lelah akan terbayar jika kita telah sampai di dalam ngalau dan menyaksikan keindahannya. Karena kurangnya perhatian dari pemerintah setempat, banyak terdapat coretan serta sampah plastik yang berserakan di sekitar ngalau.

Jika pemerintah merawat dan menjaga dengan baik tempat wisata ini akan menjadi tempat wisata yang memiliki potensi yang sangat baik untuk di kembangkan. Dan juga di harapkan agar pemerintah setempat dapat membangun jalan untuk mengakses ke lokasi akan semakin mudah bagi wisatawan yang berkunjung.

Source https://www.wisatatrend.com https://www.wisatatrend.com/ngalau-talago-di-sijunjung-hadirkan-pesona-gua-yang-eksotis/
Comments
Loading...