Ngalau Basurek, Silungkang Oso Kota Sawahlunto

0 17

Ngalau Basurek

Ngalau Basurek adalah nama lereng perbukitan yang terdapat di Desa Silungkang Oso. Keistimewaan Ngalau Basurek adalah terdapat tulisan sangsekerta kuno pada salah satu dinding ngalau. Dari atas perbukitaan. Di sekitar Ngalau para wisatawan dapat melihat panorama kota yang terhampar di depan mata. Perpaduan tata bangunan perkotaan, hijaunya pepohonan dan hamparan sawah yang begitu luas merupakan satu kesatuan dari kemilau Kecamatan Silungkang.
Perjalanan menuju  Ngalau Basurek dapat ditempuh dengan waktu 20 menit dari kantor Desa Silungkang Oso dengan kendaraan bermotor dan 15 menit dengan berjalan kaki. Disepanjang perjalanan tim disuguhkan pemandangan alam yang sangat menarik. Titik koordinat lokasi adalah      E 100º.46’.35,7” dan S 00º.44’.04,7”. Kondisi geografis Desa Silungkang Oso terdiri dari perbukitan dan hutan dengan luas daerah 6,97 km2, daerah pemukiman hanya seluas 10% dari luas seluruhnya.
Sementara daerah pertanian mencapai 300 hektar, sementara sisanya merupakan daerah hutan dan bebatuan dan merupakan lahan kritis, sebagian besar telah ditanami dengan karet dan cacao  bibit jelutung, mahoni, matoa, pala dan gaharu. Jalan masuk menuju Ngalau Basurek tidak terlalu jauh dari tower mikrowave dengan kondisi jalan sudah diaspal namun dibeberapa titik telah terjadi kerusakan. Jalan tersebut dapat diakses dengan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Saat dipintu masuk  cukup sulit untuk memarkirkan kendaraan karena lokasi memiliki kemiringan sekitar 30º dan area parkir sempit.

Kondisi jalan dari area parkir menuju ngalau Basurek sudah terdapat jalan setapak namun kondisi saat tim turun kelapangan dipenuhi dengan semak belukar. Disepanjang jalan tim disuguhi panorama  alam yang sangat alami dan eksotik. Tebing yang curam dan lembah dalam yang ditumbuhi pepohonan rindang menghiasi mahakarya tuhan disepanjang jalan. Tim mengidentifikasi dan mengungukur beberapa titik yang sangat perlu untuk diberikan pegangan tangan demi kenyamanan pengunjung.

Dibeberapa titik sebaiknya dibuatkan tangga karena jalan tersebut cukup terjal dengan kemiringan hingga 45º.  Lokasi Ngalau diapit oleh batu gunung yang sempit dan curam pengunjung harus berhati-hari jika ingin menuju kesana. Menurut juru kunci Ngalau Basurek, diceritakan Desa Silungkang Oso adalah bagian dari Kenagarian Silungkang, yang telah ada jauh sebelum Belanda menjajah Indonesia, dan dalam sejarah Kerajaan Minangkabau, Silungkang dan Padang Sibusuk merupakan Nagari Badunsanak dan salah satu dari Langgam Nan Tujuah Koto Piliang, sehingga Silungkang bisa berhubungan langsung dengan Raja Minangkabau melalui Basa Ampek Balai, dan Silungkang. Para tetua dari masa kerjaan tersebut membuat prasasti dengan menggunakan aksara sangsekerta pada dinding Ngalau tersebut sebagai tanda mereka telah mengunjungi tempat tersebut.

Source http://konservasiwisataalam.blogspot.com http://konservasiwisataalam.blogspot.com/2015/01/ngalau-basurek.html
Comments
Loading...