Museum Tri Daya Eka Dharma, Kota Bukittinggi

0 96

Museum Tri Daya Eka Dharma

Museum ini teletak di Jl. Panorama No.22, Bukit Cangang Kayu Ramang, Guguak Panjang, Kota Bukittinggi Sumatera Barat. Berada pas didepan objek wisata Taman Panorama Baru. Museum ini memiliki ikon sebuah pesawat terbang di halaman depannya.

Koleksi Museum Tridaya Eka Dharma berupa senjata perang, alat komunikasi yang digunakan selama perang berlangsung, foto dokumentasi presiden Republik Indonesia, pesawat terbang, baju dan perlengkapan perang. Sebagian merupakan senjata dan peralatan perang yang digunakan selama perang di wilayah Sumatera Barat. Ada senjata yang dirakit di Sungai Puar, Kabupaten Agam. Koleksi museum menggambarkan sejarah perjuangan merebut kekuasaan dari penjajah.

 

Menurut sejarah Museum ini dahulunya adalah rumah peristirahatan Gubernur Sumatera. Pendirian museum ini digagas oleh Brigjen Widodo, salah seorang pimpinan TNI wilayah Sumatera Tengah. Gagasan tersebut kemudian dilanjutkan oleh Brigjen Soemantoro dan diresmikan menjadi museum pada tanggal 16 Agustus 1973.

Museum ini diberi nama Museum Perjuangan Tridaya Eka Dharma yang artinya tiga unsur kekuatan satu pengabdian. Nama ini bisa dikaitkan dengan falsafah Minang “Tigo Tungku Sajarangan”. Museum ini didirikan sebagai sarana komunikasi antara generasi dan sebagai pewaris semangat juang dan nilai-nilai kepahlawanan.

Dipilihnya kota Bukittinggi sebagai tempat berdirinya museum ini dikarenakan kota Bukittinggi pernah menjadi ibukota provinsi Sumatera dan ibukota negara Republik Indonesiapada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI). Menunjukkan bahwasannya kota Bukittinggi pernah menjadi ibukota provinsi Sumatera dan ibukota negara Republik Indonesia pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI). Museum ini gratis, tidak dipungut biaya. Museum Tri Daya Eka Dharma buka dari jam 8.00 pagi hingga jam 4.00 sore.

Source https://onedayinbukittinggi.wordpress.com https://onedayinbukittinggi.wordpress.com/2017/04/16/museum-tri-daya-eka-dharma/
Comments
Loading...