Museum Situs Kota Cina, Wisata Sejarah di Kota Medan

0 78

Museum Situs Kota Cina

Museum Situs Kota Cina merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang dapat dikunjungi bila kamu sedang berada di daerah Medan. Tempat ini berada di Jalan Kota Cina No.65, Kelurahan Payah Pasir, Kecamatan Medan Marelan Sumatera Utara. Letaknya tak jauh dari Danau Siombak yang hanya memakan waktu sekitar 10 menit saja. Untuk kamu yang belum pernah mengunjunginya pasti penasaran dengan objek wisata yang satu ini.

 

Museum ini terletak di antara deretan rumah para warga dan ukurannya pun juga tidak terlalu besar. Mungkin yang terbayang di benak kamu sebelumnya adalah bangunan dengan arsitektur berbau Cina. Tetapi kenyataannya bukan bangunan yang ditonjolkan, namun barang-barang temuan yang merupakan peninggalan dari para saudagar Cina yang pernah singgah ke Indonesia.

Sejarah dari Museum Situs Kota Cina

Situs Kota China yang terletak di Medan ini sebenarnya telah diketahui sejak tahun 1970-an. Tetapi jejak dari peninggalan-peninggalannya baru ditemukan sekitar tahun 1986 yaitu dengan ditemukannya arca kuno. Banyak artefak yang lainnya juga seperti keramik, patung, bebatuan, uang kuno dan lain sebagainya.

Hal yang mendasari datangnya para saudagar Cina ke Indonesia adalah untuk mencari peruntungan dengan berdagang dan berbisnis. Diperkirakan dahulu kala di sebelah utara Kota Medan ini dihuni oleh banyak pedagang Tiongkok. Kejayaannya membuat wilayah ini menjadi pelabuhan tersibuk dengan beraneka macam transaksi. Transaksi jual beli yang diperkirakan ada disitu adalah rempah-rempah, guci, keramik, tembikar dan lain sebagainya.

Namun kejayaan ini mendadak terhenti setelah adanya musibah kejadian alam yang menerpa. Pelabuhan yang ramai dengan perdagangan tadi terkubur dan menjadi daratan. Dan untuk melestarikan peninggalannya, dibangunlah Museum Situs Kota Cina ini untuk menyimpan peninggalan yang ada.

Mungkin wisata ini kurang menarik untuk para wisatawan yang awam tentang dunia arkeologi. Namun bagi kamu yang menyukainya, jangan ragu untuk berkunjung ke Museum Situs Kota Cina karena akan banyak pengetahuan yang bisa kamu dapatkan dari sini. Tempat ini juga merupakan refrensi arkeolog dunia karena banyaknya artefak dan barang kuno sebagai bukti keberadaan para pedagang Cina. Semoga tempat ini tetap dilestarikan sehingga dapat dinikmati oleh anak cucu kita.

Source https://tourtoba.com https://tourtoba.com/museum-situs-kota-cina/
Comments
Loading...