Museum Sadurengas : Obyek Wisata Sejarah di Kabupaten Paser

0 73

Museum Sadurengas

Museum Sadurengas merupakan eks istana kesultanan Paser. Bangunan ini berbentuk rumah panggung dengan ciri khas ukiran-ukiran yang bermotif sulur-suluran dan kaligrafi huruf arab. Berbagai koleksi benda-benda kuno bisa kita lihat ditempat ini, al-Quran tua bertulis tangan, tempayan guci kuno peninggalan dinasti yuan, alat-alat rumah tangga, alat-alat kesenian dan pakaian sultan paser.

Di dalam museum ini ada pula pasang ikan paus bongkok dengan panjang sekitar 15 meter yang ditemukan warga Desa Selengot. Disamping museum ada sebuah masjid tua bernama Nurul ibadah. Kedua bangunan peninggalan sejarah termasuk benda cagar budaya. Untuk Sampai Museum Sadurengas dapat ditempuh melalui jalur darat jarak 5 km dari Ibukota Tanah Grogot dan melalui Sungai Kandilo.

   

Museum ini didirikan di bekas istana Aji Tenggara, bekas Sultan Kesultanan Paser (1844-1873). Istana ini merupakan rumah panggung kayu sederhana, khas arsitektur di Kalimantan Timur . Pada awal abad ke-20, bangunan tersebut digunakan kembali sebagai tempat tinggal bagi Sultan Ibrahim Khaliludin, baris berikutnya dari Paser Sultans (1900-1906).

Bangunan itu dijadikan bangunan warisan oleh pemerintah Kabupaten Paser pada bulan Oktober 2008. Bangunan museum terletak berdampingan dengan Masjid Jami kayu Nurul Ibadah, yang juga merupakan bagian dari kompleks museum. Kompleks ini juga berisi makam raja-raja Kesultanan Paser.

Source http://visitkaltim.id http://visitkaltim.id/attraction/museum-sadurangas-paser
Comments
Loading...