Museum Perminyakan Kota Tarakan

0 117

Museum Perminyakan Kota Tarakan

Museum Perminyakan Kota Tarakan diyakini kedepan akan menjadi salah satu ikon kebanggaan masyarakat Tarakan, karena keberadaannya tidak dapat dipungkiri menjadi acuan atau referensi sejarah perminyakan Indonesia, dimana nama Tarakan sudah terlibat dalam transaksi perdagangan minyak dunia sejak era Perang Dunia II (Belanda/ NICA menjajah Indonesia).

Museum Perminyakan kota Tarakan diproyeksikan menjadi salah satu Wahana Edutaiment, khususnya bagi warga Tarakan dan Kalimantan Utara, serta bagi wisatawan domestik dan internasional yang ingin mengenal lebih jauh/ tertarik terhadap sejarah perkembangan perminyakan di Bumi Paguntaka sejak jaman Belanda hingga saat ini.Sofian Raga juga mengungkapkan, bahwa kemajuan pesat Kota Tarakan seperti saat ini, tidak dapat dipisahkan dari sejarah perminyakan dunia. Dikarenakan migrasi para pekerja tambang dari luar Tarakan yang berbondong – bondong datang ke Tarakan, sehingga memperkaya keragaman etnis di Kota Tarakan, dan otomatis hal tersebut menjadi salah satu kekayaan ragam budaya.

Adapun benda – benda/ property dari PT Pertamina yang akan disumbangkan antara lain alat – alat pengeboran yang pernah digunakan pada jaman Belanda, kemudian koleksi foto – foto dokumentasi proses pengeboran Belanda, dll. Sedangkan PT Medco Tarakan akan menyumbangkan maket perminyakan, rekonstruksi pembuatan minyak mentah sampai dengan pendistribusian ke masyarakat.

Source http://rusly.tarakan.info http://rusly.tarakan.info/2017/03/museum-perminyakan-kelak-jadi-saksi.html
Comments
Loading...