Museum Monumen Pers Surakarta Jawa Tengah

0 278

Museum Monumen Pers

Museum Pers Nasional merupakan salah satu Monumen serta Museum khusus Pers nasional Indonesia yang letaknya ada di Surakarta, Jawa Tengah. Museum ini berdiri pada tahun 1978, gedung ini telah 20 tahun dioperasikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia. Di dalam komplek ini berdiri sebuah gedung societies lama, yang digunakan untuk pertemuan oleh Persatuan Wartawan Indonesia. Monumen yang satu ini termasuk ke dalam daftar cagar budaya Indonesia.

museum tampak luar

Museum ini dijadikan sebuah tempat wisata pendidikan, selain untuk menikmati keindahan bangunan jaman dahulu, juga dapat belajar mengenai sejarah jurnalisme. Di dalam monumen pers ini terdapat lebih dari satu juta surat kabar serta majalah pada masa sebelum dan sesudah Revolusi Nasional Indonesia dari beberapa daerah di Indonesia. Tidak hanya itu saja, teknologi komunikasi jaman dahulu beserta alat reportase nya seperti mesin ketik, telepon, kentongan besar dan pemancar. Pada ruang utamanya terdapat patung pahatan kepala tokoh penting di dalam sejarah jurnalisme di Indonesia.

museum tampak dalam

Lokasi Monumen Pers

Museum Monumen Pers Nasional Solo ada di tepi bundaran berada di jalan Gajah Mada No.76, Timuran, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57132 Indonesia.

museum tampak dalam

Aksesbilitas Monumen Pers

Fasilitas yang diberikan oleh Monumen pers pada pengunjung yaitu dapat menikmati Internet gratis dengan menyediakan beberapa komputer. Terdapat pula perpustakaan dengan ruang baca dan ruang mikrofilm. Secara rutin monumen ini mengadakan seminar mengenai pers, komunikasi dan media. Terkadang pihak pengelola membuat pameran media dengan tema hari libur nasional. Jika anda hendak berkunjung monumen ini buka pukul 09.00 hingga pukul 16.00 tanpa dipungut biaya tiket masuk.

Source wisata surakarta
Comments
Loading...