Museum Kota Makassar : Objek Wisata Sejarah di Makassar

0 56

Museum Kota Makassar

Sekitar 500 meter dari pusat Kota Makassar, tepatnya di Jalan Balaikota, terdapat museum yang mengoleksi berbagai benda bersejarah dari Kota Makassar. Karena berada di Kota Makassar, museum ini lebih dikenal dengan nama Museum Kota Makassar. Bangunan asli museum ini dibangun sekitar tahun 1916 dengan sentuhan arsitektur bergaya Eropa.

Gaya bangunan art deco langsung terasa sejak memasuki kawasan museum. Bangunan didominasi oleh warna putih, sedangkan atapnya berwarna merah marun. Di bagian depan, terdapat beberapa jendela besar yang menjadi ciri bangunan Eropa. Sementara di bagian halaman, terdapat patung seekor kijang.

Museum Kota Makassar terdiri dari dua lantai. Lantai pertama berisi berbagai lukisan klasik peninggalan Belanda. Terdapat pula peta benteng Makassar. Peta ini menjelaskan letak benteng peninggalan kerajaan yang pernah ada di Makassar.

Secara umum, lantai pertama Museum Kota Makassar menyimpan berbagai koleksi, seperti foto-foto dokumentasi perkembangan Kota Makassar, benda-benda arkeologi, dan berbagai mata uang yang pernah berlaku di Makassar dari zaman penjajahan hingga saat ini.

Menaiki tangga yang terbuat dari kayu, kita akan tiba di lantai dua museum. Sama seperti di lantai satu, koleksi di lantai dua juga didominasi foto-foto dokumentasi. Koleksi lain yang ada di lantai ini adalah sebuah meja yang pernah digunakan oleh Walikota Ujung Pandang. Selain itu, juga terdapat berbagai lambang kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan.

Mengunjungi Museum Kota Makassar lebih dari sekadar berwisata. Sesuai dengan tujuan didirikan, museum ini diharapkan mampu menjelaskan berbagai informasi tentang Makassar sehingga masyarakat tahu akan identitas, budaya, dan tradisinya yang beragam.

Source https://www.indonesiakaya.com https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/sejarah-kota-makassar-ada-di-tempat-ini
Comments
Loading...