Museum Kedaton Sultan Ternate

0 25

Museum Kedaton Sultan Ternate

Museum Kedaton Sultan Ternate merupakan museum tua yang pernah di bangun pada abad ke 18 tepatnya di tahun 1983 oleh Sultan Muhammad Ali. Museum yang mempunyai luas 1500 m2 ini di bangun di atas tanah dengan luas atas tanah seluas 1,5 ha. Museum ini berbentuk segi 8 dan di arsiteki oleh seorang asal China.

 

 

Selain berfungsi sebagai museum, bangunan ini merupakan Istana Kesultanan yang menjadi situs peninggalan sejarah yang kini di jadikan cagar budaya oleh pemerintah. Bagi traveller yang ingin mengunjungi museum Museum Memorial Kedaton Sultan Ternate cukuplah mudah. Jika melalui Bandara Baabullah, traveller bisa melanjutkan perjalanan ke museum dengan jarak 3,5km.

 

 

Disana banyak papan petunjuk yang menunjukan ke arah museum ini.Saat sampai di museum, traveller bisa melihat beberapa ruang diantaranya adalah ruang pameran tetap dan ruang penyimpanan koleksi. Didalam museum juga terdapat singgasana Sultan Ternate yang berwarna emas begitu megah. Selain itu traveller juga bisa melihat peralatan untuk upacara yang biasa di gunakan untuk acara kesultanan.

 

 

Di dalam kedaton juga terdapat benda-benda peninggalan milik kesultanan yang khas dengan nilai sejarah seperti mahkota dan Al-Quran tulisan tangan tertua di Indonesia serta berbagai peralatan perang. Salah satu keunikan yang di miliki oleh Museum Kedaton Sultan Ternate adalah sebuah mahkota yang unik dan sakral. Mahkota ini memiliki rambut yang dapat tumbuh layaknya rambut manusia.

 

 

Sehingga menjadi satu kewajiban untuk melakukan upacara ritual atau pemotongan rambut mahkota setiap satu tahun sekali di hari raya Idul Adha.  Mahkota berambut ini diperkirakan telah berumur 500 tahun sejak sultan yang pertama berkuasa. Selain mahkotanya yang unik, Museum Memorial Kedaton Sultan Ternate juga memiliki banyak koleksi mulai dari benda geologi, arkeologi, etnografi, sejarah, numismatik, filologi, teknologi, seni rupa, hingga keramik.

Source https://www.wisatakita.com https://www.wisatakita.com/wisata/Maluku.Utara/Ternate/Museum.Kedaton.Sultan.Ternate
Comments
Loading...