Museum Kartun Indonesia : Tempat Wisata Bersejarah di Bali

0 16

Kartun merupakan gambar yang mewakili keadaan yang ada di masyarakat dan memiliki nilai tertentu seperti sindiran, lelucon, ataupun humor. Gambar-gambar kartun yang lucu membuat banyak orang yang menyukai salah satu seni dua dimensi ini. Indonesia sendiri memiliki sejumlah maestro kartun yang cukup terkenal dengan karya-karya yang menakjubkan. Namun sayangnya keberadaan mereka seringkali tidak memiliki arti dalam masyarakat sebagaimana layaknya para pelukis.

Karenanya di Bali ada sebuah tempat yang menjadi wadah bagi para kartunis untuk memajang karya mereka dan bisa dinikmati oleh khalayak umum. Asiknya lagi, karya-karya mereka juga diabadikan dalam sejumlah media, seperti baju, topi, gantungan kunci, dan media lainnya yang diperjualbelikan sehingga bisa menjadi oleh-oleh sepulangnya dari Bali. Tempat tersebut bernama Museum Kartun Indonesia dan berada di salah satu distrik bisnis di Bali, yakni Jalan Sunset Road No. 85.

Hasil gambar untuk Museum Kartun Indonesia :

Museum kartun pertama di Indonesia dan juga di Asia Tenggara ini Menempati lahan seluas 1600 meter persegi, museum ini memajang sekitar 200 karya kartun dari puluhan kartunis Indonesia. Dengan kehadiran Museum Kartun Indonesia, semakin melengkapi destinasi wisata yang ada di Bali, terutama dalam bidang museum dan seni. Nama Istio Adi menjadi tokoh penting dalam berdirinya Museum Kartun Indonesia. Kartunis sekaligus pemilik dari pusat souvenir Pabrik Jangkrik 85 ini merupakan pemrakarsa dari berdirinya Museum Kartun Indonesia yang berdiri di atas lahan seluas 1.600 meter persegi.

Hasil gambar untuk Museum Kartun Indonesia :

Ada sekitar 300 karya kartun dari puluhan kartunis Indonesia terpajang di sini. Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000, anda bisa melihat berbagai kartun dengan beragam tema. Ada beberapa tema yang diangkat kartunis dalam karya mereka yang dipajang di sini mulai dari perjalanan sejarah Indonesia, tak ketinggalan para tokoh penting di Indonesia juga dibuat kartunnya, seperti para mantan presiden mulai dari Soekarno, Soeharto, Megawati, hingga Susilo Bambang Yudhoyono. Ada juga tokoh perjuangan hak buruh, Marsinah. Sejumlah kejadian penting di negeri ini juga diabadikan di musuem bergaya pop ini, seperti tragedi Bom Bali yang menewaskan banyak orang. Tak ketinggalan sejumlah kartun bertema humor juga dipajang di sini dan akan membuat pengunjung tersenyum-senyum sendiri.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/bali/museum-kartun-indonesia-bali-mengenal-lebih-dalam-dunia-kartun.html
Comments
Loading...