Museum Bumiputera 1912 di Magelang Jawa Tengah

0 238

Museum Bumiputera

Museum Bumiputera merupakan salah satu tempat wisata museum yang ada di Magelang. Museum  ini dibangun dengan gaya khas Joglo ini menyimpan sejarah besar apalagi terkait dengan perjalanan dunia perasuransian Indonesia. Mungkin sepintas orang tidak menduga bahawa museum yang kelihatannya beku tersebut memiliki koleksi-koleksi yang unik. Jika masuk dan melihat tanpa adanya guide, mungkin pengunjung tidak akan begitu mengerti banyak dan membaca koleksi yang telah terpampang rapi. Oleh karena itu ketika berkunjung ke lokasi ada baiknya untuk berjumpa dengan Achmad Sayuti, pengelola museum.

Lokasi Museum Bumiputera

Museum Bumiputera terletak di Jl. Jenderal Ahmad Yani No.21, Poncol, Magelang, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56127.

Sejarah Museum Bumiputera

Beliau akan menjelaskan secara jelas mengenai koleksi yang ada di museum. Isi museum ini secara umum memiliki empat jenis. Yang pertama adalah sejara mengenai perasuransian khususnya Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera sejak tahun 1912. Guna melihat rekaman perjalanan tersebut pengunjung akan melihat tokoh pendiri ABJ dan tokoh pendukung lainnya.

Selanjutnya, adapula koleksi dokumen yang baik sejak pertaama kali berada di Magelang, Yogyakarta, hingga Jakarta. Koleksi yang dapat terlihat merupakan dokumen dari ragam jenis kertas tahun 1912.

Museum dan ABJ Bumiputera ini berdiri pertama kali di Magelang yang mulanya berada di utara alun-alun yang hanya berupa gubug sederhana. Selanjutnya kantor Bumi Putera berpindah ke Ibu Kota Negara baik dari Yogyakarta hingga Jakarta hingga saat ini. Sementara itu, museum ini sendiri dibangun pada tahun 20 Mei 1985.

Koleksi Musuem Bumiputera

Selanjutnya yang keempat adalah koleksi dari mesin-mesin antik yang digunakan oleh Bumiputera. Dari mesin ketik, mesin kalkulator, mesin pecetak kwitansi dan juga mesin hitung. Sementara itu untuk komputernya hanya terpampang dalam foto.

Mesin yang ni dan tua tersebut menjadi koleksi yang berharga dari museum Bumiputera tahun 1912. Begitu pula dengan ragam jenis dan nominal uangnya. Tentu jarang yang memiliki. Oleh karena itu, pengelola yakin museum ini menjadi satu-satunya yang memiliki ragam keunikan tersebut.

Seluruh uang yang ada di museum ini merupakan ragam uang kertas dan merupakan keluaran dari tahun sebelumnya yakni 1946 seperti halnya uang 1 sen. Tidak kalah unik uang kertas dengan tema gambar presiden ada dalam berbagai nominal dan juga tahun keluaran. Selain itu, tema hewan juga ada, bahkan ada yang terlihat seperti kertas biasa.

Source wisata magelang
Comments
Loading...