Muara Opu Tapanuli Selatan Dikembangkan jadi Daerah Tujuan Wisata

0 32

Muara Opu

Muara Opu merupakan satu-satunya desa di Kabupaten Tapanuli Selatan terletak di pesisir pantai Barat berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Penduduknya berjumlah 80 KK bermata pencaharian sebagai nelayan, sedangkan luas wilayah menurut sejarah sekira 37 km2 dan telah ada penduduknya sejak 103 tahun yang lalu. Kawasan ini sangat potensial dikembangkan menjadi tujuan wisata namun karena miskinnya sarana membuat daerah ini masih sulit berkembang.
Muara Opu yang sejak lama belum terjamah secara terarah , saat ini mulai menggeliat setelah Ongku P Hasibuan menjadi orang nomor satu di Pemkab Tapsel. Program turun kedesa (turdes) setiap akhir pekan bukan saja melihat proyek akan tetapi untuk melihat langsung kehidupan masyarakat di desa-desa terpencil.
Walaupun harus berjalan kaki melintasi hutan karena ketiadaan insfrastruktur bukanlah menjadi halangan. Tidak terkecuali ke Muara Opu tersebut. Saat berangkat ke desa ini bupati masih bisa menggunakan sepeda motor dan sebagian rombongan menggunakan spead boad, namun ketika ingin pulang bupati dan rombongan terpaksa jalan kaki beberapa jam menelusuri hutan karena jalan pantai sudah tertutup air laut pasang naik dan ombak lautan hindia mulai bergemuruh dan kian besar.
Jarak antara Kecamatan Batangtoru dengan Muara Opu tersebut hanya sekitar 30-an kilometer, akan tetapi waktu yang dibutuhkan mencapai 4 jam. Perjalanan agar tembus ke desa dimaksud, itupun mesti menggunakan mobil gerdan dua. Perjalanan yang cukup melelahkan memang namun mengasyikkan juga karena disisi kiri dan kanan jalan mulai tampak perkebunan kelapa sawit milik perusahaan swasta maupun milik masyarakat serta lahan pertanian yang berbatas dengan hutan.
Pantai Muara Opu memiliki pasir putih dan bersih serta kelihatan asri,sampai saat ini belum dimanfaatkan untuk peningkatan perekonomian masyarakat. Masyarakat disana cukup ramah dan sangat familiar. Bahasa sehari-hari warga mengunakan dialek melayu pesisir. Hal itu dibuktikan saat kunjungan bupati, para ibu- ibu secara suka rela menanak nasi dan memasak lauk untuk tamu yang datang. Kepada bupati dan rombongan disuguhkan ikan bakar ukuran jumbo hasil tangkapan penduduk dari laut dengan bumbu seadanya namun cukup nikmat juga makannya.
Source https://wa-iki.blogspot.com https://wa-iki.blogspot.com/2011/04/muara-opu-tapanuli-selatan-dikembangkan.html
Comments
Loading...