Monumen Perjuangan Rakyat Kota Balikpapan

0 88

Monumen Perjuangan Rakyat Balikpapan

Kota Balikpapan memiliki wisata pantai dengan berbagai pilihan dan keistimewaannya, salah satunua Pantai Monpera. Monpera adalah singkatan dari Monumen Perjuangan Rakyat. Monumen yang didirikan untuk mengenang perjuangan rakyat Kalimantan Timur di masa penjajahan.
 
Monumen yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman atau tepat di seberang Markas Besar TNI AD Kodam VI Mulawarman ini memiliki tinggi sekitar 20 meter. Terdapat dua sejarah dari bangunan tersebut, pertama adalah usaha penghalangan oleh masyarakat Balikpapan atas kedatangan pasukan tentara Belanda yang memasuki daerah Pantai Klandasan Ilir.
Monumen Perjuangan Rakyat Balikpapan
Peristiwa kedua adalah terjadinya pembantaian besar-besaran oleh tentara Jepang terhadap serdadu Belanda untuk memperebutkan sumur Mathilda. Selepas peperangan, sumur Mathilda direbut kembali oleh masyarakat Balikpapan. Dari peristiwa ini, maka dibangunlah monumen ukiran batu dengan bentuk tentara Indonesia bersama masyarakat Balikpapan mendirikan bendera merah putih yang melambangkan perjuangan rakyat Balikpapan.

Selain dari sejarah, di pantai Monpera ini pengunjung juga bisa melihat keindahan matahari terbenam, (sunset) dengan duduk santai ngobrol sambil menikmati bekal makanan yang dibawa. Untuk datang ke Monpera ini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang yang besar, pengunjung yang menggunakan kendaraan roda, dua cukup membayar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat. Sementara pengunjung yang tidak membawa kendaraan gratis untuk masuk ke Monpera.
Namun dipantai Monpera ini berbeda dengan wisata pantai lainnya karena disini tidak ada tempat penyewaan pelampung dan perlengkapan renang lainnya. Namun pengunjung bisa duduk duduk pohon-pohon rindang. Salah satu pengunjung, Lintang mengatakan, datang ke pantai Monpera ini akan terasa indah saat pagi atau sore hari karena kita akan melihat matahari tenggelam. “Bagus sore hari sekaligus melihat sunset,” ungkapnya, Minggu. Selain itu, ia juga menambahkan Monpera ini juga bagus untuk wisata sejarah karena ini dibangun untuk mengenang pejuang pejuang Bangsa Indonesia.
Source https://www.cendananews.com https://www.cendananews.com/2016/02/wisata-sejarah-monumen-perjuangan-rakyat-balikpapan.html
Comments
Loading...