Monumen Nani Wartabone : Objek Wisata Sejarah di Gorontalo

0 58

Monumen Nani Wartabone

Monumen Nani Wartabone ini merupakan salah satu tempat yang sejuk dan di jadikan tempat wisata yang berlokasi persis di halaman rumah Dinas Gubernur Provinsi Gorontalo. Monumen perjuangan ini dibangun di masa Drs. A. Nadjamudin memerintah Gorontalo yakni kisaran tahun 1987. Monumen ini dibangun sebagai tAnda penghormatan masyarakat dan pemerintah terhadap perjuangan Pahlawan Kemerdekaan Nani Wartabone di Gorontalo. Selain itu dengan dibangunnya monumen ini diharapkan masyarakat bisa mengenang perjuangan beliau di pertempuran 23 Januari 1942.

Sehingga harapannya mampu memunculkan rasa patriotism yang tinggi kepada pemuda Gorontalo dan mengisi kemerdekaan dengan hal positif. Perjuangan yang patriotik dari rakyat Gorontalo dan Nani Wartabone yang menjadi pemimpin melawan penjajahan Belanda memang sangat hebat. Dengan taktik serta strategi yang cemerlang dari Nani Wartabone ini mampu mengusir Belanda dari daerah mereka. Hingga pada 23 Januari 1942 Gorontalo mampu benar-benar lepas dari penjajahan berkat perjuangan rakyatnya. Nilai-nilai semangat dan patriotism inilah yang dilambangkan ke dalam bentuk monumen yang disebut Monumen Pahlawan Nani Wartabone.

Sebagai pemuda dan warga Negara yang baik tentu harus menghormati jasa dan perjuangan rakyat dan tentunya pahlawan-pahlawan pada jaman penjajahan dahulu. Oleh karenanya kita harus bisa menjaga nama baik negara kita tercinta ini jangan sampai nama harum Indonesia yang diperjuangkan sejak dahulu hancur oleh tingkah pemuda dan rakyat yang tak karuan. Mari kita datang dan melihat Monumen Nani Wartabone untuk mengenang perjuangan beliau membebaskan tanahnya dari jajahan Belanda.

Source https://www.daftar.co https://www.daftar.co/wisata-gorontalo/monumen-nani-wartabone/
Comments
Loading...