Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat, Makassar

0 128

Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat

Monumen Mandala merupakan monumen yang dibangun untuk memperingati perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kembali Irian Barat (Papua) dari tangan penjajah Belanda pada tahun 1962. Monumen ini terletak disebelah selatan pusat Kota Makassar, tepatnya di Jalan. Jendral Sudirman.

Monumen Mandala mulai dibangun pada tanggal 11 Januari 1994, dan diresmikan oleh Presiden H. M. Soeharto, pada tanggal 19 Desember 1995. Monumen Mandala berbentuk segitiga yang merupakan simbol dari Trikora (Tiga Komando Rakyat), sedangkan pada bagian bawah dan atas bangunan terdapat relief yang berbentuk kobaran api yang menandakan semangat juang Trikora.

Didalam monumen pengunjung dapat melihat berbagai macam relief dan diorama tentang perjuangan Pembebasan Irian Barat. Pada lantai pertama, anda dapat melihat diaroma relief dan replika pakaian dan gambaran perjuangan masyarakat Sulawesi Selatan pada abad XVII.

Lantai kedua terdapat diaroma dan relief yang menceritakan tentang perjuangan pembebasan Irian Barat dan mengembalikannya ke NKRI. Dan lantai ketiga terdapat replika ruang kerja Panglima Mandala, lengkap dengan peta Irian barat, foto-foto persiapan pemberangkatan pasukan, tanda jabatan, dan pakaian yang dipergunakan pada saat operasi Mandala.

Sedangkan dilantai keempat adalah ruang pandang untuk pengunjung yang ingin melihat kota Makassar dari ketinggian. Ruang ini berada di ujung menara dengan ketinggian sekitar 73-75 meter dari permukaan tanah. Ada pula ruang – ruang yang dimanfaatkan sebagai ruang gallery serta ruang pertemuan. Selain itu di bagian belakang Monumen Mandala juga terdapat sebuah panggung yang biasa digunakan untuk acara – acara tertentu.

Untuk menuju ke lokasi wisata Monumen Mandala, para pengunjung dapat menggunakan angkutan kota, taksi ataupun kendaraan umum lainnya. Jika dari pusat kota, anda bisa menggunakan becak atau berjalan kaki untuk menuju Monumen Mandala. Sedangkan untuk tiket masuk, para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp.10.000 per orang.

Source https://www.arsy.co.id https://www.arsy.co.id/2016/03/monumen-mandala-pembebasan-irian-barat.html
Comments
Loading...