Warning: unlink(/tmp/85cfc6e4a03bcd16c625ba7d56e4ea2e-DxyCnl.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Monumen Bandung Lautan Api, Bandung Jawa Barat

0 239

Monumen Bandung Lautan Api

Monumen Bandung Lautan Api merupakan salah satu wisata sejarah yang berada di Bandung, Monumen ini tepatnya di Terletak di Jl. Otto Iskandardinata, Tegalega, Bandung, Jawa Barat. manifestasi dari perjuangan rakyat Bandung untuk mengusir penjajahan dari kota yang dikenal dengan sebutan Paris van Java ini. Monumen Bandung Lautan Api ini bisa dikatakan menjadi markah tanah Bandung. Berdiri kokoh dengan ketinggian sekitar 45 meter dengan 9 sisi. Monumen Bandung Lautan Api ini sendiri dibangun untuk memperingati peristiwa Bandung Lautan Api yang dipimpin oleh Muhammad Toha dengan melakukan pembumihangusan Bandung Selatan.

Monumen Bandung Lautan Api ini berlokasi di kawasan Tegallega. Istilah “Bandoeng Laoetan Api” sendiri memiliki sejarahnya yang tak sederhana. Ketika itu, ultimatum dari penjajah kepada Tentara Republik Indonesia (TRI) untuk meninggalkan Bandung melahirkan politik “pembumihangusan”. Semua rakyat dan pejuang Kota Bandung tentu tak rela kotanya harus jatuh ke tangan asing. Akhirnya mereka menyusun siasat dengan bermigrasi ke selatan kota dan melakukan musyawarah. Oleh sejumlah kalangan pembungihangusan Bandung merupakan langkah yang paling tepat. Rasio antara tentara sekutu dengan TRI jelas tak bisa dibandingkan dari segi jumlah maupun pasokan persenjataan.

Letak monumen ini di Tegalega. Monumen ini dibangun untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan. Sebuah kisah abadi yang terjadi di tahun 1946 pada bulan Maret, kisah nyata tragedi heroik dari rakyat Bandung yang sampai sekarang masih dikenang dan dikenal sebagai Bandung Lautan Api. Daeng Kosasih Ardiwinata, sebagai salah seorang saksi mata sekaligus pahlawan peristiwa Bandung Lautan Api, sebagai bentuk salah satu perjuangan rakyat Indonesia untuk melawan penjajahan.

Monumen ini lokasinya di tengah-tengah kota yaitu terdapat di kawasan Lapangan Tegallega. Monumen ini merupakan salah satu monumen yang terkenal di Bandung. Monumen ini menjadi sebuah pusat perhatian setiap tanggal 23 Maret ketika mengenang peristiwa Bandung Lautan Api. Monumen Bandung Lautan Api ini termasuk salah satu tempat wisata di Bandung, Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia yang bisa Anda jadikan salah satu destinasi wisata Bandung.

Source Jalan Wisata Infobandung
Comments
Loading...