Masjid Agung Karaton Surakarta Hadiningrat Jawa Tengah

0 141

Masjid Agung Karaton

Mesjid Agung Karaton Surakarta Hadiningrat yang dibangun pada masa pemerintahan Sunan Pakubuwono III, yang mulai dibangun pada tahun 1763 M dan selesai pembangunannya pada tahun 1768 M. Masjid Agung Keraton Surakarta yang awal mula dibangun untuk keperluan tempat ibadah umat Islam dan juga buat kegiatan resmi kerajaan, antara lain Grebeg Suro, Sekaten dan masih banyak lagi kegiatan kegiatan kerajaan Lainnya.

Bangunan Masjid Agung Karaton

Masjid Agung Keraton Surakarta sendiri berdiri dengan luas lahan sekitar 19.180 meter dan pada samping masjid dibangun sebuah pagar mengelilingi masjid yang mempunyai tinggi 3.25 m. Sedangkan untuk pagar itu sendiri dibangun pada masa pemerintahan Sri Susuhunan Pakubuwono IV pada tahun 1858 M.

masjid bagian luar

Masjid Agung Keraton Surakarta sendiri pernah beberapa kali mengalami renovasi, pada masa pemerintahan Sri Susuhunan Pakubuwono IV dari tahun 1788-1820 M, mengalami pemugaran yang pertama kali guna untuk memperluas bangunan masjid, dan selanjutnya pada tahun (1859-1861 M) pada masa pemerintahan Sri Susuhunan Pakubuwono VII, menambahan serambi masjid sebagai ruang pertemuan,serta acara keislaman lainnya.

masjid bagian dalam

Lokasi Masjid Agung Keraton

Mesjid Ageng Kraton Surakarta secara administratif terletak di Jln. Masjid Besar No.1, Kauman, Pasar Kliwon, Kauman, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57122. 

Source wisata surakarta
Comments
Loading...