Menyusuri Pantai Sancang & Hutan Sancang Garut

0 151

Pantai Sancang

Pantai Sancang merupakan salah satu wisata alam yang terletak di Kabupaten Garut, tepatnya di wilayah Hutan Sancang. Jalur terdekat dari arah Bandung adalah melalui Garut ke arah Pameungpeuk. Dari situ berbelok ke arah Timur menyusur pantai. Salah satu cara untuk mencapai pantai Sancang adalah dengan melalui jalan memasuki hutan.

Ada banyak sekali ojek motor yang menawarkan jasanya untuk mengantar kita. Tetapi jika ingin berjalan-jalan juga bisa, karena tidak terlalu jauh dan sejuk (mungkin sekitar 2 km saja).Ada beberapa pantai Sancang, semuanya terletak di kawasan Hutan Sancang. Hutan Sancang ini cukup dikenal karena dipercaya merupakan tempat menghilangnya Prabu Siliwangi saat dikejar-kejar oleh anaknya Prabu Kiansantang. Hal ini menjadikan hutan ini dianggap cukup angker, dan tidak (belum) dieksploitasi. Konon binatang-binatang liar masih banyak di hutan ini.

Karena aksesnya cukup sulit, dan hutannya yang dikenal angker, pantai ini jarang sekali dikunjungi wisatawan. Layout pantainya mirip dengan pantai-pantai karang di Garut, ombaknya besar pecah di tengah. Tetapi selain batu karang, pantai ini berbatu-batu hitam besar seperti batu kali. Di beberapa sisi juga terdapat pohon-pohon bakau. Jika berkunjung ke sini sebaiknya dilakukan pagi hari, karena siang hari pantainya mulai pasang, dan pasangnya termasuk cepat.

Hutan Sancang

Di Bandung, ada sebuah hutan yang konon terkenal dengan keangkerannya. Di hutan tersebut diketahui ada peninggalan Kerajaan Sancang. Peninggalan-peninggalan yang ada di sana berupa situs purbakala. Hutan Sancang sangat dikeramatkan oleh penduduk sekitar, sebab mereka percaya bahwa pohon kaboa yang hidup di dalam hutan Sancang merupakan jelmaan dari para prajurit kerajaan Padjajaran.

Luas hutan ini mencapai 2.157 hektar. Letaknya dekat dengan pantai dengan ketinggian 0-3 meter di atas permukaan laut. Oleh karena itu, tak heran bila di hutan ini terdapat hutan bakau, sungai, berbagai jenis flora dan fauna, serta gugusan batu yang menimbulkan panorama alam yang sangat menarik. Anda akan mengenali kembali firasat purba ketika Anda berpapasan dengan lutung, monyet, dan burung merak yang tinggal di hutan tersebut. Selain ketiga hewan itu, macan tutul dan banteng masih ada yang tinggal di sana. Dengan beragamnya flora dan fauna yang ada di hutan tersebut, maka hutan Sancang pun disahkan seabgai cagar alam yang dilindungi. Hutan ini juga berperan penting dalam ekosistem hutan hujan tropis. Untuk sampai ke sana, Anda bisa menggunakan bus ke jurusan perkebunan karet Mira Mare dengan tarif Rp 3.000,- per orang. Bisa juga dengan naik angkot, tarifnya Rp 4.000,- per orang.

Source Jalan Wisata Garut
Comments
Loading...