Menyusuri Keunikan Klenteng Sampo Tay Jin Tangerang

0 217

Klenteng Sampo Tay Jin

Klenteng Sampo Tay Jin merupakan tempat ibadah etnis Tionghoa tersebut terletak di salah satu gang Jalan Otto Iskandardinata, Kota Tangerang. Terletak di dalam gang tidak membuat Klenteng Sampo Tay Jin kehilangan keindahannya. Klenteng tersebut memiliki arsitektur indah yang khas dengan nuansa budaya Cina. Merah menjadi warna dominan yang dapat ditemui pada bagian dinding, pintu, pilar, hingga pagar. Warna yang dipercaya membawa keberuntungan tersebut dikombinasikan dengan warna lain seperti hijau, emas, biru, serta kuning.

Klenteng Sam Po Tay Jin altarFakta bahwa Laksamana Ceng Ho adalah seorang muslim tidak menghalangi warga keturunan Cina untuk memujanya sehingga Sampo Tay Jin menjadi dewa utama di klenteng tersebut. Sosoknya digambarkan dalam patung jendral berbusana lengkap yang diletakkan di altar utama. Uniknya, meski tidak mengikuti sang laksamana untuk memeluk agama Islam, para pemuja Sampo Tay Jin juga tidak mengkonsumsi daging babi.

Di sini juga terdapat altar Fu Te Chen Shen atau dewa bumi. Seperti halnya klenteng lain pada umumnya, Klenteng Sampo Tay Jin juga memiliki benda pusaka. Bedanya, benda keramat di klenteng tersebut justru tidak bernuansa Cina. Di bawah altar Sampo Tay Jin pengunjung dapat menyaksikan beberapa keris yang dijaga oleh patung harimau emas. Senjata yang dikeramatkan tersebut merupakan peninggalan salah seorang adipati di tanah Jawa.

Akses Menuju Klenteng Sampo Tay Jin

Klenteng Sam Po Tay Jin pusaka Klenteng Sampo Tay Jin dapat dikunjungi menggunakan kereta ekonomi maupun komuter dari Stasiun Jakarta Kota dan turun di Stasiun Tangerang. Selanjutnya tinggal berjalan kaki selama kurang lebih 10 menit kea rah klenteng. Bila ingin lebih praktis Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi. Dari Jakarta ikuti Jakarta Inner Ringroad dan masuki ke Jalan Daan Mogot. Setelah sampai persimpangan di ujung jalan, belok kiri ke Jalan Taman Makam Pahlawan Taruna lalu belok kanan ke Jalan Veteran. Ikuti jalan tersebut hingga sampai Jalan Ki Samaun. Terakhir, belok kanan ke Jalan Suka Mulya untuk sampai Jalan Otto Iskandardinata.

Source http://jakarta.panduanwisata.id http://jakarta.panduanwisata.id/beyond-jakarta/tangerang/menyusuri-keunikan-klenteng-sampo-tay-jin/
Comments
Loading...