Warning: unlink(/tmp/85cfc6e4a03bcd16c625ba7d56e4ea2e-eJIVA3.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Menikmati Romantisme Sunset Pantai Ujung Genteng Sukabumi Jawa Barat

0 138

Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng adalah daerah pesisir pantai selatan Jawa Barat yang masuk dalam wilayah pemerintahan Kabupaten Sukabumi yang terletak di Semenanjung Barat Daya Pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Salah satu surga tersembunyi di jawa barat ini ini terkenal dengan air laut yang jernih. Letaknya lebih kurang 200 km dari kota Jakarta. Pekerjaan sebagian penduduknya adalah nelayan dan petani. Sebagian warga masyarakat Pantai Ujung Genteng lain memproduksi gula kelapa. Nama Ujung Genteng berasal dari Ujung Genting. Penamaan ini didasarkan pada ujung ujung genting yang berada di Ujung salah satu sudut pulau di Jawa Barat yang berbentuk gunting. Bagian ujung gunting bawah disebut Ujung genteng, sedangkan di Ujung Genteng atas berada di Ujung Kulon.

Akses Menuju Pantai Ujung Genteng

Perjalanan menuju kesana cukup terjal dan membutuhkan waktu ,meskipun relative lama perjalanan panjang dan cukup melelahkan itu akan terasa ringan dan cepat mengingat sepanjang jalan disuguhi keindahan alam yang sangat luar biasa. Pesisir pantai pelabuhan ratu sangat terlihat jelas dari atas bukit bagbagan. Begitu juga perkebunan teh Surangga dan perkebunan kelapa yang berhamparan dan adannya sapi sapi yang di rawat. Di wisata alam jawa barat Pantai Ujung Genteng ini pun anda bisa melihat penangkaran penyu penyu hijau (Chelonia mydas).

Di tempat ini dibuka untuk umum pada pagi dan siang hari, namun di jaga ketat oleh petugas kementrian kelautan dan perikanan di malam hari. Saat malam hari penyu penyu itu bertelur yang dihassilkan mencapai 100 butir dan segera di lindungi oleh petugas, menggali lubang untuk tempat telurnya dan menutup agar terlindungi dari binatang buas. Bayi penyu yang sudah menetas di kembalikan ke pantai pangumbahan. Anda juga bisa menyentuh penyu tersebut. Dan menikmati keindahAn sanset pada sore hari.

Rute Menuju Pantai Ujung Genteng

Rute menuju Ujung Genteng menggunakan kendaraan umum, tujuan pertama adalah terminal Sukabumi dan carilah angkutan umum tujuan terminal lembur situ, setelah itu anda bisa menggunakan bus atau elf jurusan surade, sesampai surade anda bisa naik angkot warna merah jurusan genteng. Rute menggunakan kendaraan pribadi, dari sukabumi menuju Ujung Genteng yang di tempuh selama 3-4 jam perjalanan.

Fasilitas Di Pantai Ujung Genteng

Fasilitas jalan menuju pantai ujung genteng juga masih sangat memperhatinkan. Bayangkan saja, pantai denga potensi seindah itu masih memiliki akses jalan yang berlubang dan sempit. Tetapi yang perlu di jetahui juga Pantai ujung genteng juga berdekatan pantai pantai yang indah dan masih alami yang memiliki keindahan tersendiri.

Di dekat Pantai Ujung Genteng juga terdpat pantai lain yang indah dan potensial adalah Pantai kelapa doyong (kelapa condong), Pantai Batununggal dan pantai ombak tujuh tempat surfing kelas Dunia. Pantai Pengumbahan yang terkenal sebagai tempat bertelurnya penyu hijau, Pantai batu keris, Pantai akuarium, belum lagi sungai muara, air terjun, perkebunan, tempat pelelangan ikan, dan masih banyak lagi.

Wisata Pantai Ujung Genteng merupakan daya Tarik utama dan juga pusat pelayanan bagi wisatawan yang datang, Fasilitas umumnya terdapat penginapan murah, rumah makan yang menyediakan menu seafood, warung, took kelontong, toilet, musolla, area parkir yang luas dan aman. Di sektar pantai ini terdapat penginapan murah dan homestay murah yang bersih dan dengan harga yang terjangkau harganya dengan kisaran Rp 60.000 – Rp 150.000 /kamar wisatawan sudah dapat menginap di tempat yang bersih dan nyaman, misalnya pondok hexa, mama losmen, vila ujung, deddy losmen dan lain lain.

Source wisata Piknik Asik
Comments
Loading...