Menikmati Pemandangan Sungai Cikahuripan Bandung Jawa Barat

0 443

Sungai Cikahuripan

Sungai Cikahuripan merupakan salah satu wisata alam yang berada di Bandung, Sungai ini salah satu anak sungai Citarum purba yang berada di Saguling, Kabupaten Bandung Barat. Pemandangan yang diberikan di Cikahuripan adalah tebing batu yang mengapit sungai berwarna hijau. Selain itu di sini juga ada dua mata air yang keluar dari celah batu dan dipercaya mempunyai khasiat untuk kesehatan. Di daerah ini juga terdapat tempat wisata lain seperti Sanghyang Tikoro, Sanghyang Heuleut, Curug Halimun, dan Curug Sangkuriang. Tapi untuk menuju Curug Sangkuriang masih belum bisa dikunjungi karena belum ada akses jalan menuju lokasi.

Keindahan Sungai Cikahuripan

Cikahuripan memiliki mata air yang memancar. Pada mata air tersebut terpasang sekat persegi dari bambu sehingga hanya satu orang yang bisa masuk. Banyak pengunjung yang menggunakan mata air tersebut untuk pengobatan. Air tersebut bisa langsung diminum. Selain menikmati mata air, pengunjung bisa menjelajahi sungai kecil di Cikahuripan dengan menggunakan pelampung yang disediakan pengelola. Dengan pelampung, pengunjung bisa telentang, membiarkan arus membawa tubuh sembari menikmati keindahan tebing dan pohon-pohon. Terkadang kawanan monyet terlihat melompat dari satu pohon ke pohon lainnya. Tak jauh dari Cikahuripan, terdapat beberapa tempat wisata lain, seperti Sanghyang Heuleut, Curug Halimun, dan Curug Sangkuriang. Namun, Curung Sangkuriang belum dibuka lantaran akses jalannya belum ada.

Sejarah Sungai Cikahuripan

Menurut legenda dan cerita rakyat yang beredar di masyarakat dipercaya bahwa ditempat inilah Dayang Sumbi mengambil air untuk ia minum, mencuci hingga mandi. Tempat ini merupakan sebuah sungai purba dengan arus yang sangat kecil.

Akses Menuju Sungai Cikahuripan 

Untuk bisa sampai ke Cikahuripan, Wargi Bandung bisa menuju Rajamandala, Padalarang lalu belok kiri setelah ada petunjuk menuju Waduk Saguling. Tidak ada petunjuk jalan selama menuju tempat ini, Wargi Bandung tinggal mengarahkan kendaraan menuju Waduk Saguling, dan belok kanan ketika ada pertigaan terakhir sebelum Waduk Saguling. Setelah belok kanan Wargi Bandung akan menemukan warung dengan tulisan wisata Cikahuripan. Dari warung tersebut Wargi Bandung masih harus berjalan sekitar satu kilometer untuk sampai ke lokasi. Di tempat ini masih belum ada fasilitas seperti di tempat wisata lain. Untuk biaya masuk, pengelola mematok biaya Rp. 25.000 untuk dua orang sekaligus sudah biaya parkir motor.

Rute Menuju Sungai Cikahuripan 

Rute untuk mencapai lokasi ini jika dari arah Kota Bandung adalah : Kota Bandung – Kota Cimahi – Padalarang (melewati pusat oleh-oleh Roti Unyil) – Tagog Apu (kawasan yang berkelok & banyak pusat oleh-oleh khas Priangan di pinggir jalan) – Raja Mandala – Pintu gerbang PLTA Saguling. Dari pintu gerbang ini masih sekitar 10 km lagi perjalanan dan menanjak.

Source Jalan Wisata Info Bandung
Comments
Loading...