Menikmati Pemandangan Pedesaan di Bayung Lencir

0 36

Di musim liburan sekolah, mengajak keluarga berwisata menjadi pilihan menarik. Berlibur ke kota yang masih asri dan memiliki pemandangan alam yang apik pun bisa menjadi hal yang seru. Anda bisa berwisata ke Bayung Lencir, sebuah desa yang jauh dari hiruk pikuknya kota Palembang. Wisatawan bisa melepas penat sembari menemukan hal menarik di kawasan ini.

Terletak sekitar 204 kilometer dari pusat kota Palembang, Bayung Lencir berada di dekat perbatasan Jambi di sebelah utara, sebelah Selatan dengan Kecamatan Sungai Lilin dalam kabupaten yang sama, sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Lalan yang merupakan pecahan dari Kecamatan Bayung Lencir sedangkan di sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Batang Hari Leko dalam kabupaten yang sama.

Selain bisa ditempuh menggunakan jalur darat, Bayung Lencir juga bisa dicapai melalui sungai Lalan dari Palembang. Wisatawan bisa melihat tumbuhan-tumbuhan palma sepanjang pelayaran di sungai Lalan. Pemandangan hutan-hutan perawan serta diselingi rumah-rumah rakit dan perusahaan pengolahan kayu menjadi hal menarik yang dilihat selama perjalanan. Jika sedang beruntung Anda bisa melihat binatang liar yang masih terdapat di dalam hutan. Pengalaman menyusuri sungai Lalan ini bisa menjadi petualangan yang mengesankan selama liburan Anda.

Bayung Lencir merupakan salah satu kecamatan terluas di Kabupaten Musi, Banyuasin, Propinsi Sumatera Selatan. Kecamatan Bayung Lencir ini dibelah oleh jalan raya lintas timur dari utara ke selatan dengan panjang jalannya sekitar 90 Km atau  1,5 jam perjalanan kendaraan bermotor. Jarak Bayung Lencir dari kota Sekayu sekitar 200 km sedangkan dari Jambi sekitar 70 km.

Kondisi geografis Kecamatan Bayung Lencir merupakan daratan dengan perbukitan, dataran, lembah dan banyak dilalui oleh Daerah Aliran Sungai (DAS). Sungai Lalan membelah kota ini dan memiliki cabang sungai-sungai kecil. Biasanya sungai-sungai tersebut diandalkan warga sebagai tempat untuk mencari ikan dan juga sebagai sarana transportasi karena sebagian daerah di Bayung Lencir hanya bisa diakses melalui perairan.

Dulunya hutan Bayung Lencir banyak ditumbuhi oleh beragam jenis kayu-kayuan. Namun belakangan ini kayu-kayuan besar jadi sulit ditemukan karena banyaknya hutan yang dibuka untuk program transmigrasi dan pembukaan perkebunan-perkebunan besar berupa kebun sawit dan karet.

Source http://panduanwisata.id http://panduanwisata.id/2013/07/09/menikmati-pemandangan-pedesaan-di-bayung-lencir/
Comments
Loading...