Menikmati Keindahan Hutan Mangrove Pati Jawa Tengah

0 205

Hutan Mangrove

Destinasi wisata alternatif yang layak dikunjungi di kota Pati salah satunya adalah Wisata Hutan Mangrove merupakan salah satu tempat wisata hutan yang berada di tepi pantai, Hutan Magreove ini terletak di Pantai Sambilawang, Kecamatan Trangkil, Pati, Jawa Tengah.
Objek wisata yang bisa dikatakan baru di kota Pati ini, di luar beberapa objek wisata yang sudah dikenal sebelumnya seperti Gua Pancur, Waduk Gunung Rowo, dan Kebun Kopi dan Air Terjun Jolong. Karena masih baru, belum banyak sarana dan prasarana yang ada di Pantai Sambilawang.

Keindahan Hutan Mangrove

Kepala Desa Sambilawang Mustain menyatakan penanaman mangrove tersebut selain sebagai bentuk penghijauan dan upaya pencegahan abrasi, juga sebagai objek wisata yang bisa dinikmati pelancong seperti halnya Wisata Mangrove Pasar Banggi Rembang yang mampu menyedot wisatawan. Objek wisata baru ini selain untuk refreshing atau menghirup udara segar, juga bisa digunakan bahan penelitian para pelajar yang mempelajari ekosistem.

Harga Tiket Hutan Mangrove

Untuk menikmati wisata mangrove tersebut, wisatawan bisa menggunakan perahu dengan tarif Rp 10.00 per orang. Sedangkan untuk masuk ke lokasi tidak dikenakan tarif sama sekali alias gratis, cukup bayar parkir saja. Luas Hutan Mangrove sekitar 8 hektare, rencananya akan ada kolam pemancingan, dan wisata kuliner. Kami berharap mendapatkan bantuan dari pemerintah.
Hutan Magrove ini banyak manfaat yang bisa diambil dari tanaman mangrove selain spot wisata dan pencegahan abrasi. Diantaranya, buah tanaman mangrove dapat dimanfaatkan untuk bahan baku kerupuk atau dimasak menjadi urap. Buah mangrove juga sekaligus dapat dijadikan sebagai obat malaria dan lambung.
Source wisata pati
Comments
Loading...