Menikmati Keindahan Alami di “Pantai Biluhu” Gorontalo

0 72

Pantai Biluhu

Pantai Biluhu yang terletak di Desa Biluhu Timur, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Letaknya kurang lebih 24 Km dari Kota Gorontalo. Untuk sampai ke Kota Gorontalo, saat ini sudah banyak pilihan rute dari beberapa kota, bahkan dari Jakarta sudah ada penerbangan langsung ke Bandara Jalaluddin Gorontalo.
Dari bandara ke arah Kota Gorontalo ada banyak pilihan alat transportasi yang bisa digunakan, seperti Bis Bandara dengan tarif Rp.35.000/kepala, taxi dengan tarif Rp.120.000/orang atau agar murah bisa dengan tarif Rp.70.000/orang dengan 3 atau 4 orang penumpang dalam 1 mobil, jadi harus menunggu teman sharing dulu. Jarak bandara ke Kota Gorontalo sekitar 31Km dan estimasia perjalanan dengan roda 4 selama 1 jam.
Ada dua jalur menuju ke arah Pantai Biluhu, yakni ke arah selatan menyusuri Jl. Yos Sudarso menyusuri teluk Tomini lalu ke arah Barat. Jalur yang satu lagi melaui Jl. Jaya Eyato – Jl. Raya Batudaa laku belok kiri arah Raja Panipi. Jalur melalui Jl. Raja Panipi ini bisa detempuh dengan estimasi watku 55 menit menggunakan kendaraan roda empat.
Menyusuri perjalanan di sepanjang Teluk Tomini sembari dapat menikmati indahnya pemandangan biru laut di sebelah kiri dan hijaunya pepohonan di sebelah kiri jalan. Jalan yang dilalui cukup bagus, dapat dilalui sepeda motor dan mobil dengan lancar. Arus kendaraan tidaklah ramai, sehingga dapat menjalani perjalanan yang lancar dan menantang dengan tantangan kelokan jalanan beraspal.

Desa pertama yang didapati adalah desa Tanjung Keramat, Kec. Hulontalangi, berjarak 6,5Km dari Kota Gorontalo. Pemandangan yang bagus dapat dinikmati di desa ini, terletak di sebuah tanjung yang berbatasan dengan teluk tomini. Laut Tomini yang berbatasan dengan desa ini membuat pemandangannya sangat eksotis apalagi jika dilihat dari bagian ketinggian.

Lokasi pantai Biluhu berada dibalik tebing dan untuk mencapainya harus melalui jalanan setapak tak beraspal dari desa Biluhu Timur. Lokasinya dibalik tebing dan terpisah dari area pemukiman penduduk desa Biluhu Timur menjadikan pantai ini seperti pulau pribadi bagi siapa saja yang berkunjung. Masuk ke lokasi pantai tak dipungut biaya.
Laut di pantai Biluhu sangat jernih sehingga ikan-ikan di dalam air kelihatan dengan jelas. Tempat yang sangat pas sangat pas untuk menikmati jernih laut yang medesir sesekali menghempas hamparan pasir. Garis pantai tak semuanya ditutupi hamparan pasir, bagian sisi utara garis pantai ditutupi hamparan batu karang.
Semuanya menyatu dalam keindahan yang tak pernah jenuh untuk dipandang.  Pantai Biluhu saat ini sudah tersedia tempat makan, penyewaan snorkeling, diving dan cottage oleh pengelola. Bahkan pengunjung bisa camping di sini. Harga makanan cukup murah dengan menu ikan bakar dengan harga Rp.20.000. Untuk snorkeling bisa menyewa snorkel seharga Rp.25.000.
Jika ingin snorkeling dengan peralatan lengkap, bisa menyewa peralatannya 1 set; snorkel, masker, wetsuit serta kaki katak dengan harga sewa Rp.80.000. Tak perlu khawatir untuk snorkeling atau diving karena sudah ada petugas yang siap mendampingi. Harga sewa cottage jika ingin menginap yakni Rp.600.000 maksimal 2 orang atau dengan harga Rp.800.000 maksimal 4 orang. Ada tiga unit cottage yang bisa disewa.
Source http://torabastem.blogspot.com http://torabastem.blogspot.com/2018/04/menikmati-keindahan-pantai-biluhu-di.html
Comments
Loading...