Menikmati Keindahan Alam di “Sumaru Endo” Sulawesi Utara

0 11

Sumaru Endo

Salah satu destinasi wisata yang terkenal di Sulawesi Utara adalah Danau Tondano. Tempat wisata danau ini terletak di desa Remboken, berjarak sekitar 30 km dari Ibu Kota, Manado atau 3 km dari Kota Tomohon. Area wisata Danau Tondano berada pada ketiinggian 600 m dpl dengan luas area mencapai 4.278 hektar yang melalui 3 kecamatan.

Danau Tondano dikelilingi oleh pegunungan yang terdiri dari Gunung, Tampusu, Lembena, Kaweng dan Gunung Masarang, pegunungan tersebut tingginya mencapai 700 m. Dari sisi danau Anda dapat melihat gunung Kaweng dengan jelas. Area Wisata Danau tondano meliputi tiga kecamatan yaitu Kakas, Eris dan Remboken.

   

Biaya masuk ke objek wisata ini adalah Rp 4.000,00 ditambah asuransi. Anda dapat menikmati wisata yang menjadi daya tarik Danau Tondano yakni disebut “Sumaru Endo” Remboken dan Resor Wisata Bukit Pinus (dari Tondano menuju Toliang Oki).

Fasilitas yang ditawarkan Sumaru Endo antara lain seperti bungalow, kolam renang dan restoran. Selain itu, Anda dapat menemui jasa rental mobil, sewa alat renang dan perahu untuk membawa Anda mengelilingi danau yang luas ini. Perahu juga membawa Anda untuk menikmati keindahan Danau Tondano secara menyeluruh dari berbagai sudut pandang.

Mengingat letak danau ini yang diapit oleh pegunungan, maka kegiatan lainnya yang menarik di tempat ini adalah hiking (mendaki gunung) di sekitar danau. Hal ini tentu saja akan menyenangkan karena udara di lokasi wisata yang masih sangat sejuk alami. Namun ingat, karena tempat ini masih alami Anda harus membatasi jalur hiking Anda, jangan sampai tersesat, apalagi bertemu satwa berbahaya.

Ketika berkeliling di tengah danau Tondano, Anda akan menjumpai sebuah pulau kecil bernama Likri. Namun sayang, Anda tak dapat berhenti di pulau ini dikarenakan perahu yang ditumpangi harus mengikuti rute berbeda. Anda dapat menggunakan perahu yang di sediakan untuk para pengunjung dengan biaya Rp 50.000,00 namun Anda harus menunggu perahu tersebut penuh terlebih dahulu hingga 10 penumpang.

Anda juga dapat melihat aktivitas masyarakat setempat ketika menangkap ikan Nike dengan menggunakan jaring. Ada yang unik dari jaring ini karena bentuknya menyerupai sendok dengan tongkat bambu pada kedua sisinya. Pemandangan tradisional nan alami seperti ini hanya akan Anda jupai di Danau Tondano, jadi jangan ragu untuk berkunjung ke tempat wisata menakjubkan ini!

Kuliner di Sumaru Endo

Sajian yang dapat Anda nikmati di restoran dan warung makanan di sekitar danau adalah hidangan ikan Nike. Biasanya, penduduk lokal juga menjual ikan Nike kecil yang dibuat menjadi bakso ikan atau waku-waku bolanga (sejenis ikan bakar) untuk Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas dari Danau Tondano.

Transportasi ke Sumaru Endo

Dari Manado atau Tomohon, Anda dapat menggunakan mobil pribadi maupun angkutan umum untuk mencapai Danau Tondano. Jarak dari Tomohon ke Danau Tondano sekitar satu jam dengan berkendara melalui jalan berliku.  Sedangkan jika dari Manado Anda harus menempuh perjalanan sekitar 9 jam untuk tiba di lokasi wisata ini.

Source http://www.jalanjalanyuk.com http://www.jalanjalanyuk.com/menikmati-sumaru-endo-di-danau-tondano-sultra/
Comments
Loading...