Menikmati Keindahan Alam di Gunung Sepincan

0 30

Gunung Sepincan

Gunung Sepincan atau lebih populer dengan nama Bukit Permata merupakan salah satu gunung yang berada di Daik Lingga, Kepulauan Riau yang memiliki hamparan indah di puncaknya. Gunung yang dikenal masyarakat setempat dengan sebutan Bukit Permata ini merupakan gunung tertinggi ke-2 di Kepulauan Riau dengan ketinggian 1001 Mdpl setelah Gunung Daik yang memiliki ketinggian 1165 Mdpl.

Memang, gunung ini tidak begitu dikenal luas oleh masyarakat Kepulauan Riau pada umumnya. Akan tetapi bagi sebagian penggila pendakian, gunung ini sudah sangat hangat dalam pembicaraan para pendaki. Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah para pendaki yang berkunjung ke gunung yang tepat berada di Desa Panggak Darat ini semakin meningkat. Baik dari pendaki lokal, luar kota atau daerah bahkan ada yang berasal dari negara tetangga seperti Singapore dan Australia.

Gunung yang mulai di explore beberapa tahun lalu oleh para pendaki lokal ini, kini sudah mulai semakin dikenal hangat oleh para penikmat ketinggian. Bagaimana tidak, sesampainya diatas puncak, para pendaki akan disuguhi dengan pemandangan kota Daik Lingga yang begitu indah dan asri. Selain dapat melihat kota Daik yang begitu jelas terbentang, Pulau Singkep, Pancur, Senayang, bahkan kota Batam dan bayang-bayang cahaya lampu perkotaan di negara Singapore juga dapat disaksikan di puncak gunung yang menawan ini jika cuaca sedang cerahnya.

Bukan hanya itu saja, di puncak Bukit Permata ini, para pendaki dapat melepas lelah dengan membersihkan diri berendam di Danau Kembang Menaun yang airnya begitu jernih dan dingin menembus kulit. Di puncak tersebut, pendaki juga akan menjumpai savana pohon yang dikenal oleh masyarakat sekitar dengan sebutan pohon cucu atap. Uniknya lagi, savana pohon cucu atap diatas gunung sepincan ini terbentang luas hingga mencapai kurang lebih 20 hektar.

Menurut cerita yang beredar dari pemandu senior pendakian Bukit Permata atau Gunung Sepincan ini yakni M Yasir, pohon cucu atap yang tumbuh di puncak tersebut, katanya hanya tumbuh diatas Bukit Permata saja. Pasalnya, ketika dibawa pulang dan ditanami kembali di pekarangan rumah ataupun di dalam pot, pohon tersebut sulit untuk tumbuh kembali.

Tunggu apa lagi. Ayo, bagi para pecinta alam yang tertarik dengan keindahan Bukit Permata, jangan ragu-ragu, mari berkunjung ke Daik Lingga yang juga bekas pusat Kerajaan yang pernah berjaya pada masa lampau yakni kerajaan Lingga-Riau ini.

Source http://harianriau.co http://harianriau.co/mobile/detailberita/9399/mari-ke-daik-nikmati-indahnya-hamparan-puncak-bukit-permata
Comments
Loading...