Menikmati Keindahan Air Terjun Cinta di Timor Tengah Selatan

0 37

Air Terjun Cinta

Love Waterfall alias Air Terjun Cinta merupakan salah satu destinasi wisata alam di Kampung Noelaku, Desa Noinbila, Kecamatan Molo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, belum banyak diketahui orang. Letaknya tersembunyi dan masih sangat alami karena belum dikelola oleh pemerintah setempat. Bahkan wisatawan pun jarang menjadikan air terjun tersebut sebagai destinasi.

Di Kampung Noelaku ada lima air terjun yang berdekatan.  Namun yang menjadi favorit adalah air terjun cinta. Kenapa? Karena muara kolam air terjun itu berbentuk hati. Untuk sampai ke sana, dari Kota Kupang, ibukota Propinsi NTT, Anda harus menuju ke kota SoE di Kabupaten TTS, sekitar 2,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

 

Sebelum masuk ke Kota SoE, Anda belok ke kiri menuju ke Kapan. Dari jalan bercabang itu ke lokasi air terjun ini berjarak sekitar 20 menit. Dari tempat parkir ke lokasi air terjun berjarak sekitar 50 meter dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Untuk masuk ke air terjun cinta ini setiap orang dikenakan biaya Rp 3.000. Tak perlu guide atau pemandu untuk sampai ke air terjun, karena akses jalannya cuma satu. Anda akan melewati jalan setapak yang agak sulit dilalui karena medannya naik turun. Namun, jangan kuatir, karena warga sudah menyiapkan sejumlah tangga kayu ‘darurat’ dengan lebar 60 sentimeter.

Ya, Air Terjun Love itu berada di lokasi ke tiga di bagian bawah tebing. Sebaiknya Anda melepaskan sepatu atau sandal ke lokasi Air Terjun Cinta, karena jalannya cukup curam dan licin. Di situ tidak ada lagi tangga-tangga darurat, untuk sampai ke Air Terjun Cinta. Jadi, pengunjung mengandalkan pijakan kaki dan cengkraman tangan yang kuat untuk menuju ke bawah.

Sebaiknya anda membawa minuman dan makanan ringan atau nasi bungkus. Di lokasi itu tidak ada warung atau tempat jualan. Namun ingat, sampah minuman dan makanan haruslah Anda bawa pulang untuk menjaga kebersihan lokasi ini.

Source http://www.tribunnews.com http://www.tribunnews.com/travel/2017/03/08/menikmati-keindahan-air-terjun-cinta-di-timor-tengah-selatan
Comments
Loading...