Menikmati Indahnya Goa Losan Muara Komam

0 303

Lokasi Goa Losan terletak persis di poros jalan negara lintas Kaltim-Kalsel, tepatnya di Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser, Kaltim. Karena letaknya persis berada di pinggir jalan, menjadikan kawasan wisata alam ini sering mendapat kunjungan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Goa Losan yang dalam bahasa Paser berarti gua tembus ini pun memiliki daya tarik tersendiri.

Keindahan Goa Losan

Selain tembusan dari satu tempat ke tempat lain yang berupa serambi-serambi cukup luas, saat memasuki Goa Losan, kita juga seakan-akan masuk ke dalam perut bumi yang gelap. Meski demikian, kita akan terpukau dengan hiasan-hiasan batu yang luar biasa aneh namun indah. Karena belum ada penerangan khusus, maka saat memasuki gua ini harus dipandu juru kunci atau petugas dari Dinas Pariwisata Paser yang memang suku asli Paser atau masih keturunan penemu Goa Losan. Pengunjung pun harus dilengkapi penerangan seperti senter atau obor.

Tak jauh dari lokasi dengan arah yang berbeda, ada satu keajaiban yang memang tidak dimiliki gua-gua di belahan nusantara lainnya. Yakni, adanya deretan batu yang jika dipukul akan mengeluarkan nada yang beraturan seperti bunyi gendang. Batu-batu ini diberi nama batu bernada.

Akses Menuju Goa Losan

Ada dua rute yang menjadi sasaran pengunjung. Jika ke arah kiri, dengan perjalanan sekira satu jam lebih, bisa ditemukan sumber air. Goa ini sangat luas dan berkelok-kelok sehingga bila wisatawan nekat ingin menyusuri goa ini sampai tuntas, waktu yang dibutuhkan tidak tanggung-tanggung, yaitu 10 hari harga tiket masuk ke goa ini sangat murah hanya Rp 5.000/orang. Konon di dalam goa terdapat tembusan-tembusan dari tempat satu ke tempat lain yang berupa serambi-serambi yang cukup luas.

Source Menikmati Indahnya Goa Losan Muara Komam Menikmati Indahnya Goa Losan Muara Komam
Comments
Loading...