Menikmati Eksotisme Pulau Panjang Jepara Jawa Tengah

0 122

Pulau Panjang

Pulau Panjang merupakan salah satu wisata pantai yang ada di Jepara. Pulau Panjang ini berada di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Indonesia. Pulau dengan luas 19 hektar ini berjarak 1,5 mil laut (2,5 Km) dari Pantai Kartini, Jepara. Pulau ini memiliki pasir putih dengan dikelilingi laut dangkal berair jernih serta memiliki terumbu karang. Bagian tengah pulau ini terdapat hutan tropis dengan pohon yang tinggi menjulang serta diselingi perdu dan semak sebagai tempat burung laut berkembang biak. Flora di pulau ini dominasi oleh pohon randu, asam jawa, dadap, serta pinus.

Fasilitas Dan Tempat Istirahat Di Pulau Panjang

Bagian tengah Pulau adalah struktur hutan tropis dengan pohon-pohon besar dan tinggi menjulang diselingi perdu dan semak yang dijadikan juga sebagai tempat bagi burung laut untuk berkembang biak ataupun tinggal. Pada sebelah barat pulau terdapat Makam Syeikh Abu Bakar yaitu seorang tokoh ulama Jepara. Tempat ini juga dilengkapi dengan pendopo, sarana MCK, cafeteria, masjid dan ada air berkah yang dipercaya oleh warga setempat dapat memberikan manfaat baik keselamatan atau kesehatan. Pada setiap tahunnya sekurang-kurangnya terdapat 4 kali diadakannya peringatan (khoul) sehingga pada masa-masa tersebut Pulau Panjang selalu dipenuhi para peziarah.

Akses Menuju Pulau Panjang

Untuk menyeberang ke Pulau Panjang, Anda dapat melalui Pantai Bandengan, Pantai Kartini atau Pantai Prawean. Dermaga penyeberangan dari Pantai Kartini ke Pulau Panjang dan ke Karimunjawa memiliki perbedaan. Di sana juga terdapat papan petunjuk dermaga kapal untuk menuju ke Pulau Panjang. Anda juga bisa menikmati sunset pada kapal terakhir untuk kembali ke Pantai Kartini yaitu sekitar pukul 17.00 WIB .

Akomodasi Pulau Panjang

Ada dua opsi penyeberangan jika kamu mau mengunjungi Pulau Panjang, traveler. Pilihan pertama adalah dari Pantai Kartini dengan jarak 2,5 kilometer atau butuh waktu kurang lebih sepuluh menit untuk sampai ke Pulau Panjang. Kamu bisa naik perahu kayu dengan bayaran Rp 15.000 per orang untuk pulang pergi. Tapi, kamu mesti sabar jika memilih opsi yang ini karena nelayan akan menunggu hingga perahu penuh untuk menyeberang ke Pulau Panjang. Kalau kamu nggak sabar, bisa menyewa perahu dengan tarif Rp200.000 sampai Rp300.000 sesuai negosiasi, traveler.

Source wisata tripadvisor
Comments
Loading...