Menjelajah Air Terjun Kali Pancur Semarang

0 35

Air Terjun Kali Pancur Semarang

Salah satu objek wisata di Semarang ialah Air Terjun Kali Pancur yang merupakan salah satu air terjun tertinggi di wilayah provinsi Jawa Tengah. Dapat ditemui beberapa spanduk wisata air terjun  di daerah Salatiga- Semarang.

Air Terjun Kali Pancur terletak di desa Nogosaren, kecamatan Getasan, kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Ketinggian  dari air terjun ini sendiri  sekitar 100 meter di kaki Gunung Telomoyo yang mengarah ke Danau Rawa Pening.  Sepanjang punggungan gunung ini selain terdapat air terjun juga memiliki banyak tebing batu andesit dengan ketinggian bervariasi dari 20 meter sampai 100 meter.  Di Lokasi ini  banyak para pecinta alam melakukan panjat tebing dengan kemiringan hampir 90 derajat.

Saat berkunjung  ke wisata ini jalan yang dapat di akses terdapat  dua cara  yang pertama melewati kota Salagita ke arah Kopeng dan kedua dari kota Magelang menuju ke arah Salatiga. Adapula papan sebagai informasi banyak ditemukan di tepi jalan agar orang dengan mudah mengunjungi kawasan wisata tersebut, Setelah memasuki daerah kawasan, dari  pertigaan kecil, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati  jalan kecil dan sedikit rusak. Dan tibalah di lokasi tersebut.

Wilayah Wisata Air Terjun Kali Pancur ini dijaga,diurus dan dikelola oleh warga sekitar yang ada di daerah ini  dan tidak dikelola oleh pemerintah daerah. Selain itu seluruh dana yang masuk dari retribusi masuk pengunjung objek wisata digunakan untuk membangun fasilitas objek wisata.Sehingga pembenahan dilakukan dengan perlahan untuk kemajuan dan perbaikan dari wisata yang satu ini.

Setelah sampai di tempat wisata pengunjung  harus membayar   tiket masuk sekitar Rp 3000 saja sangat terjangkau sekali tiket di wisata yang satu ini, sedangkan untuk bayar parkir sekitar Rp 2000,sedangkan untuk parkir mobil lebih agak mahal yaitu sekitar Rp 5000-.

Setelah membeli tiket para pengunjung masih harus berjalan sekitar  1 kilometer, tak jauh dari pintu masuk,  pengunjung  menemukan sebuah bangunan yang  digunakan untuk semedi atau ritual berendam  dimana dalam bangunan tersebut terdapat mata air yang yang dilindungi dengan sebuah kolam,yang  menambah  kekhusyukan seseorang dalam melakukan ritual tersebut.

Selain dihiasi relief bebatuan alam serta sejumlah tumbuh–tumbuhan perintis, tebing air terjun itu juga dipenuhi goa kecil tempat berteduh bagi burung walet.

Adapun aliran air kolam tersebut  mengalir  pada saluran  pipa-pipa dengan debit air yang  cukup deras. Aliran dari sumber air tersebut mengarah ke parit yang berada di samping anak tangga menuju ke sungai yang berhulu air terjun Kali Pancur.

Walaupun lelah dalam perjalanan menuruni dan menaiki anak tangga untuk menuju ke area Air Terjun Kali Pancur ,rasa lelah tersebut akan terbayar lunas oleh keindahan dari air terjundan percikan dari air terjun yang menyapa para pengunjung.

Source jalan wisata Air Terjun Kali Pancur Semarang
Comments
Loading...