Mengunjungi Air Terjun Binangun Watu Jadah Wonogiri

0 56

Air Terjun Binangun Watu Jadah Wonogiri

Kawasan Air Terjun  ini berada di Lereng Pegunungan Lawu Selatan. Yang terletak sekitar 43 km ke arah timur kota Wonogiri. Atau tepatnya  di Dusun Grenjeng, Desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, Propinsi Jawa Tengah yang dapat ditempuh dengan menggunakna kendaraan pribadi atau umum.Sedangkan untuk tiket masuknya hanya sekitar Rp 2000 dan membayar parkir sekitrar Rp 1000.

Saat ini, masih banyak orang yang belum mengetahui keberadaan air terjun ini.Karena faktor tempat yang sangat berada di pelosok jadi tidak heran bila jarang yang bisa mengetahui keberadaan wisata yang satu ini.

Bisa dinamakan Watu Jadah karena dilihat dari bebatuan yang bertumpuk-tumpuk di bawah air terjun tersebut. Dan jadah itu sendiri merupakan makanan yang terbuat dari ketan.Uniknya, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 m dengan tiga alliran air yang mengalir di bawahnya.

. Selanjutnya, untuk menuju air terjun tersebut pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih sekitar 1 hingga 2 jam,  melewati sungai kecil, pepohonan rindang, jalan yang masih sempit dan naik turun di tepi sungai menjadi tantangan tersendiri bagi pengunjung. Di air terjun pertama, ada tiga kubangan air yang tidak terlalu dalam sehingga bisa untuk berendam ,akan tetapi para pengunjung di harapkan untuk berhati-hati sebab di sekeliling perjalanan ada jurang yang cukup curam.Pemandangan sepanjang jalan menuju ke lokasi air terjun ini menyuguhkan kesegaran alami.

Yang unik di sini terdapat kicauan suara burung dan belalang hingga jangkrik yang saling bersautan berebut dengan irama air sungai untuk mencuri perhatian kesunyian. Sepanjang perjalanan, tampak warga setempat sibuk bertani dan merumput, itu artinya menunjukan wilayah setempat cukup banyak ditempati penduduk. Susana perjalanan melalui anak sungai Watu Jadah adalah pijatan kerikil kecil sepanjang sungai dangkal, sejuk dan jernih.

Air terjun ini sama seperti air terjun yg lain tetapi  keunikan  yang dimiliki air terjun ini, jika diperhatikan seksama terdapat Lempengan bebatuan bertumpuk dengan garis kemiringan 65-90 derajat diibaratkan seperti jadah (makanan berbahan ketan).

Menariknya lagi, aliran air terjun ini bisa disesuikan keingingan dari pengunjung. Pengunjung bisa mengatur deras air terjun sendiri sesuai selera.  Caranya sederhana, tinggal ke atas membendung sungai diatasnya

Semakin berjalannya waktu, semakin banyak wisatawan yang mengunjungi Air Terjun Watu Jadah ,walaupun jarak yang di tempuh terbilang  susah dan lama namun semua akan hilang dengan pemandangan yang disuguhkan di area lokasi ini.

Source jalan wisata Mengunjungi Air Terjun Binangun Watu Jadah Wonogiri
Comments
Loading...