Mengenal Minangkabau Lewat Koleksi PDIKM Padang Panjang

0 26

PDIKM Padang Panjang

Bagi Anda yang tertarik dengan sejarah dan budaya Minangkabau, cobalah berkunjung ke Kota Padang Panjang dan singgah ke Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau.

Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau atau PDIKM merupakan salah satu museum di Sumatera Barat yang terletak di Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.

Museum ini memiliiki berbagai macam informasi dan koleksi mengenai kebudayaan Minangkabau baik berupa dokumentasi audio maupun visual. Koleksi yang dimiliki berupa buku-buku baik yang terbit sebelum tahun 1942 ataupun yang terbit setelah tahun 1950-an.

Diantaranya masih berbahasa Melayu dan Belanda, namun demi penyampaian informasi yang lebih mudah, sudah ada beberapa yang dilakukan penerjemahan ke bahasa Indonesia.

Ada sekitar 2.400 buku, majalah ataupun kliping baik yang belum ataupun sudah di translasi ke bahasa Indonesia. Selain buku, ada juga koleksi foto-foto yang di bingkai dan di pajang dengan jumlah sekitar 500 buah serta ada pula yang berada dalam album dengan jumlah sekitar 90 album.

Akses Menuju Ke PDIKM Padang Panjang

Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau ini berada di dekat kawasan perkampungan Minangkabau dan hanya berjarak sekitar 3 kilometer saja dari pusat kota Padang Panjang.

Lokasi yang berada di kawasan perkotaan ini memungkinkan akses jalan yang baik sehingga anda bisa mencapai lokasinya dengan menggunakkan kendaraan roda dua maupun roda empat jika anda menggunakkan kendaraan pribadi. Letaknya berada di pinggir jalan raya Padang – Bukit Tinggi, posisinya berada di sebelah kanan jalan jika anda datang dari Kota Padang.

Source https://aet.co.id https://aet.co.id/pariwisata/mengenal-minangkabau-lewat-koleksi-pdikm-padang-panjang
Comments
Loading...