Mengenal Istana Kepresidenan Pesona Istana Cipanas Jawa Barat

0 206

Istana Presiden Cipanas

Istana Presiden Cipanas sebagai salah satu dari enam Istana Kepresidenan Republik Indonesia, Istana Cipanas difungsikan sebagai tempat peristirahatan dan tempat singgah Presiden Republik Indonesia. Suasananya yang tenang dan sejuk menjadikan istana ini tempat yang sempurna sebagai tempat menenangkan pikiran dan mencari inspirasi bagi pemimpin Negara.
Dibangun tahun 1740 dan selesai tahun 1746 pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Gustaaf Willem Baron Van Imhoff. Bentuk bangunan ini di ilhami rumah musim panas Eropa dipadukan dengan arsitektur tropis yang hampir seluruh bagian bangunan terbuat dari kayu jati dan dikerjakan oleh para tukang kayu dari Tegal dan Banyumas yang terkenal dengan kerajinan dan kerapian dari setiap hasil karyanya.

Fasilitas di Istana Presiden Cipanas

Sebagai salah satu tempat pertemuan yang kini dibuka sebagai objek wisata di Jawa Barat, tentu sejumlah fasilitas lengkap disediakan. Pada bangunan utama istana yang terdiri dari enam pavilion, dimana setiap ruangnya memiliki fungsinya masing-masing. Disana tersedia fasilitas penunjang seperti toilet umum yang begitu bersih dan terawat, mushola, reservoir air panas, masjid besar, dan lahan yang luasnya mencapai 26 hektar yang dapat digunakan sebagai area bermain atau berfoto-foto. Didalam istana juga terbagi menjadi beberapa ruang dengan fungsinya masing-masing seperti ruang tamu, ruang makan, ruang tidur, ruang kerja dan teras belakang. Selain itu juga terdapat beberapa ornamen sejarah RI yang begitu mengedukasi.

Harga Tiket Masuk Istana Presiden Cipanas

Bagi pengunjung yang ingin melihat dan menikmati liburan di Istana Presiden Cipanas Kota Bogor, maka cukup membayar tarif parkir saja. Jadi kamu bisa menikmati sejarah dibalik Istana Kepresidenan Republik Indonesia sekaligus menikmati waktu bersama keluarga disana. Tunggu apa lagi, tanpa biaya tiket masuk kamu sudah bisa menikmati waktu libur yang seru dan menyenangkan. Sedangkan untuk jam buka Istana Presiden Cipanas Jawa Barat dibuka setiap hari mulai dari pukul 08.00 – 16.00 WIB. Kamu bisa berkunjung diwaktu tersebut. Biasanya di akhir pekan atau hari libur lainnya lokasi istana akan ramai kunjungan dari berbagai wisatawan.

Akses Menuju Istana Presiden Cipanas

Lokasi Istana Presiden Cipanas yang berada di Kaki Gunung Gede Jawa Barat, tepatnya berada di Desa Cipanas, Kecamatan Cipanas, Cianjur. Tepatnya sekitar kurang lebih 103 Km dari Jakarta – Bandung melalui rute jalanan ke Puncak. Untuk akses ke lokasi istana cukup mudah, kamu tinggal ambil rute menuju Cianjur, cari arah menuju Sindangjaya. Tempatnya yang berada di pinggir jalan raya membuat wisatawan yang berasal dari luar kota atau luar negeri pun cukup mudah sampai ke lokasi. Selain itu sudah ada papan petunjuk jalan menuju lokasi Istana Presiden Cipanas Cianjur.

Source Jalan Wisata Vebma
Comments
Loading...