Menelusuri Tiap Gang Kampoeng Batik Solo

0 37

Batik merupakan kain khas Solo yang bermotif macam-macam dengan warna yang dipadukan khas dan corak dengan cara pembuatan yang beragam. Ketika batik mulai maju dan semakin  berkembang semakin banyak pula pengrajin batik untuk memprodusikan, mempromosikan untuk menjadi pengusaha atau konveksi dari kain, baju atau barang yang berasal dari batik ini sendiri. Laweyan, Surakarta merupakan daerah satu jalur yang memiliki kawasan perdagangan berderetan sepanjang jalan pada kanan dan kiri jalan. Daerah ini sangat berpotensi  menjadi magnet yang kuat dalam menarik wisatawan. Disamping itu setiap pengrajin batik mempunyai fasilitas seperti gedung pertemuan, lokasi untuk berselfie maupun rumah makan bahkan cara membatik sendiri.

Kampoeng ini juga sangat diminati para wisatawan yang hanya sekedar lewat atau bahkan memang sengaja mengunjungi untuk mencari batik ataupun menyewa resort. Kampoeng ini juga sering menjadi latar view prewedding ataupun latar belakang poto perpisahan sekolah atau hanya para remaja yang menjadikan view sport untuk berfoto,  Dan acara-acara lainnya.

Di setiap gang kampoeng ini selalu berderetan para pengrajin batik. Dapat ditelusuri setiap gang selalu beraromakan malam yang di rebus dan para wanita halus sedang mencanting batik tulis. Dan setiap gannya memiliki daya tarik tersendiri.

Gerbang atau pintu masuk utama dari kampoeng ini, yakni sebuah tugu yang terdapat tulisan Kampoeng Batik Laweyan. Untuk datang kesini selain menggunakan transport kendaraan bermotor, kalian juga dapat berjalan kaki seperti yang biasa bule lakukan.

Tak sedikit pada hari libur ataupun hari biasa banyak ditemui para remaja untuk memamerkan gayanya masing-masing, selain menawarkan batik dan kainnya kampoeng ini juga dapat memikat remaja karena view yang menarik dan terkesan klasik. Atau menyewa resort untuk acara. Di kampung ini kalian juga dapat mengetahui bagaiman pembuatan batik. Atau mencoba membuat batik sendiri dengan kreasi ditentukan. Tak hanya itu wisatawan dapat juga mencoba membuat batik dengan batik print.

Disini pembuatan batik memang disengaja untuk diperlihatkan ke para pengunjung untuk menarik pengunjung agar melestarikan batik atau menarik wisatawan untuk membeli batik dari mereka. Info letak kampoeng ini berada di berada pada sepanjang jalan Sidoluhur, Laweyan, Surakarta Jateng.

Comments
Loading...