Menelusuri Surga Tersembunyi Pantai Taman Manalusu Garut

0 187

Pantai Manulusu

Pantai Manulusu merupakan sebuah tempat wisata pantai dan taman laut yang terletak di Daerah Cikelet, tepatnya di Desa Cigadog Kec.Cikelet, Kab.Garut, Jawa Barat. Pantai manulusu ini memiliki sejarah dimana yang mempopulerkan taman laut ini adalah cucu dari Karl Manalusu seorang administrator perkebunan kelapa sawit di daerah Condong yang kemudian namanya dijadikan nama tempat wisata ini.

Pantai ini memang memukau mata kita, hamparan pasir putih yang membentang, dipadu jajaran batu karang, selain itu suasana yang cukup sepi semakin menambah ke elokan pantai ini. Dibeberapa sudut pantai terdapat perahu nelayan yang sedang bersandar. Di pinggiran pantai juga terdapat warung yang menjual mata lemu yang wajib kita cicipi. Tidak hanya keindahan pantainya saja yang dapat kita nikmati, namun disini juga terdapat taman laut yang sungguh keindahanya tidak bisa diungkapkan dengan kata – kata, jika boleh dibandingkan, taman laut bunaken sepertinya kalah. Banyak ikan laut hias yang mempesona juga terumbu karang yang menawan semakin menambah keistimewaan pantai ini. Untuk masuk ke pantai ini kita tidak perlu merogoh saku, karena untuk masuk kesini gratis.

Pantai ini sebenarnya pernah dikelola oleh pemerintah setempat, ini terlihat dari sisa – sisa bangunan yang terbengkalai. Namun entah karena alasan tertentu pantai ini menjadi terlantar. Padahal pantai ini memiliki potensi yang cukup tinggi untuk menjadi menjadi primadona destinasi wisata pantai Garut Selatan. Tim Digarut.com berharap semoga pihak – pihak terkait atau pemerintah setempat dapat melihat hal ini, sehingga dapat dikelola lebih baik. Demikian sedikit informasi yang dapat saya sampaikan dan ingat inilah Kota Garut kota selain menjadi kota penghasil dodol juga memiliki jutaan keindahan yang tersembunyi.

Rute untuk menuju taman laut pantai Manalusu dapat kita akses dengan mudah, dari ibu kota Garut dapat menempuh jalur menuju Pameungpeuk dengan jarak tempuh sekitar tiga sampai empat jam perjalanan dengan menggunkan kendaraan baik umum maupun pribadi. Sesampainya di Pameungpeuk kita dapat menggunakan akses jalan lintas selatan, untuk menuju lokasi memiliki jarak kurang lebih 20 KM dengan kendaraan. Aksesnyapun mudah karena dapat kita tempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua.

Source Jalan Wiasta digarut
Comments
Loading...