Menelusuri Goa Laren Pemalang Jawa Tengah

0 165

Goa Laren

Goa Laren merupakan salah satu goa yang dikeramatkan Goa ini sebenarnya hanya berupa celah batu dengan kedalaman kurang dari 10 meter. Kondisinya dipugar dan diberi pagar pintu untuk menjaga dari hal-hala yang tidak diinginkan. Desa Kuta, Kecamatan Bantarbolang memiliki potensi sebagai wisata alam dan religi yang dapat berkembang. Salah satunya adalah Goa Laren yang masih sangat alami, karena jarang sekali dikunjungi.

Lokasi Goa Laren

Saat mengunjungi salah satu Goa Laren yang berada di Dusun Sipanjang, Desa Kuta, Pemalang, Jawa Tengah goa tersebut merupakan gugusan goa yang ada di Gunung Wangi, terletak disebelah barat kutrang lebih 1,7 kilometer dari Dusun Sipanjang.

Akses Menuju Goa Laren

Saat berkunjung kesana bersama rombongan sebanyak 13 orang, memang masih sangat asri dan memiliki potensi berkembang, karena menarik dan pemandangan juga indah,? Ungkapnya, kemarin. Untuk menuju kesana, perlu menggunakan kendaraan. Namun, tidak sampai di lokasi goa, karena masih alami. Para pengunjung kemudian melanjutkan dengan berjalan kaki sepanjang 50 meter. Namun, kondisinya masih semak belukar.

Sebab, goa tersebut jarang sekali dikunjungi oleh warga atau pun tamu yang datang ke Gunung Wangi. Keberadaan goa-goa di sana belum dikelola layaknya tempat wisata Namun, para juru kunci yang selama ini melakukan pengelolaan, itu hanya di goa-goa tertentu saja. Misalnya Goa Sibuyung dan Penganten. Kedua goa tersebut dan goa-goa yang lain belum dikelola layaknya tempat wisata. Menurut dia, untuk masuk kedalam Goa Laren masih sulit. Sebab, mulut goanya sempit dan harus berhati-hati. Setelah turun ke goa, terdapat dinding kapur yang tinggi, yaitu sekitar 15 meter. Apabila masuk lebih ke bawah lagi, terdapat semacam ruangan yang yang cukup lebar. Di kedua dindingnya banyak stalaktit yang cukup indah, serta masih terdapat kelelawar. Namun sudah tidak begitu banyak.

Source Jalan Wisata Radar Tegal
Comments
Loading...