Menara Air Minum, Wisata Sejarah Kota Bangka

0 24

Menara Air Minum

Keindahan wisata menara air minum bangka atau yang dikenal juga dengan sebutan menara air minum. Letaknya sendiri berada di komplek perumahan timah bukit baru, sebelah utara di jalan anggrek. Bangunan ini sendiri bentuknua menyerupai seperti 2 buah tangki raksasa, yang memiliki ukuran panjang 12.6 meter x 9.6 meter, dengan tingginya yaitu 5 meter dan diemeter 8.25 meter. Menara air minum ini sendiri di topang dengan menggunakan pipa-pia yang besar, yang dipakai untuk menyuplai kebutuhan air minum bagi warga pangkalpinang. Ada sebanyak 6 buah tugu pembatas yang dibuat dengan menggunakan bati graniy pada menara air minum ini.  

Wisata menara air minum bangka ini ini pertama kali di bangun pada sekitar tahun 1932 M, dan merupakan salah satu fasilitas instaliasi air minum yang di bangun pada pemerintahan hindia belanda. Pembangunan menara air minum ini di mulai pada saat amsa pemerintahan Residen J.E. Edie, yang pada saat itu memerintah sejak tahun 1913 hingga 1918 masehi. Ketika itu Residen J.E. Edie melakukan sebuah penelitian terhada sumber baki air bersih yang ada pada pangkal pinang. Adaa 3 lokasi alternatif yang saat itu didapati, yaitu ada di gunung doel, sungai nyelanding dan yang terakhir adalah di gunung mangkoel. Namun untuk air yang ada di gunung doel ini sendiri memiliki debit atau volume air yang jumlahnya sangat sedikit sekali, sedangkan untuk air yang ada di sungai nyelanding airnya cukup keruh, dan air yang ada di gunung mangkoel pun menjadi alternatif pilihannya.

Untuk pembangunan dari menara air minum yang ada di kota pangkal pinang tersebut, kemudian di lanjutkan lagi pada masa pemerintahan Residen Hooyer, yang saat itu menjabat pada sekitar tahun 1928 hingga 1931 masehi. Toko Lindeteves Stokvis Betawi merupakan kontraktor yang di tunjuk untuk melakukan pembangunan menara air minum tersebut, dengan biayanya adalah Rp.300. Dana yang digunakan sebagaian berasa dari kas geemente kampung, yang di pinjamkan namun dengan bunga sebesaar 60% per tahunnya. Kemudian fasilitas air minum tersebut di kelola oleh Plaatselijk Fonds, yang merupakan badan yang mengelola dan juga mengurus segala macam milik pemerintahan hindia belanada, dan juga mengurus segala macam keungan yang didapatkan dari pajak, retribusi pasar, penarangan kalan, reklame, minuman keras, dan yang lainnya.

Saat ini  wisata menara air minum bangka menjadi salah satu cagar budaya dari kota pangkal pinang. Hal tersebut merujuk pada Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor PM.13/PW.007/MKP/2010, tanggal 8 Januari 2010) dan dilindungi Undang-undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Karena memang wisata air minum ini menjadi salah satu objek wisata kebanggan yang dimiliki oleh masyarakat bangka. Apalagi ada banyak sekali berbagai macam cerita sejarah mengenai berdirinya Keindahan wisata menara air minum bangka ini. Jadi jika anda memang kebetulan sedang berkunjung ke kota bangka, dan ingin mengujungi objek wisata menarik dan juga unik di kota ini, jangan lupa untuk datang dan juga menikmati Keindahan wisata menara air minum bangka ini. Di jamin anda tak akan menyesal, karena datang ke tempat wisata yang penuh dengan sejarah ini.

Source https://www.passgoodthings.com https://www.passgoodthings.com/wisata-menara-air-minum-bangka/
Comments
Loading...