Memetik Strawberry Sendiri, di Kebun Strawberry Magetan

0 556

Menyukai buah ini pasti populer dengan pohon ini. Berwisata dengan memetik buah ini merupakan kepuasan tersendiri bagi pecinta buah mungil ini. Wisata ini Yang pertama ada di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, kalau dari arah Solo terletak sebelum Cemoro Kandang (kanan jalan). Yang kedua terletak di Desa Ngerong, Kecamatan Plaosan, Magetan, berada diantara  Telaga Sarangan dan Telaga Wurung.

Kedua kebun ini sangat mudah dijangkau karena terletak di pinggir jalan baru yang lebih landai dibandingkan jalur lama yang banyak tanjakan. Tidak ada salahnya mampir sebentar saat anda lewat gunung yang menjadi batas antara Jawa Tengah dan Jawa Timur tersebut. Pemerintah Daerah Magetan mulai mengembangkan tempat wisata di Sarangan dengan menambah berbagai fasilitas, salah satunya adalah kebun stroberi. Tentu saja mereka tak mau kalah pamor dari kebun strawberry petik sendiri Tawangmangu yang lebih dulu terkenal.

Bukti nyata keseriusan mereka adalah dengan membuat sebuah bangunan bulat dengan warna merah menyala yang sangat mirip dengan buah strawberry raksasa sebagai icon. Di dekatnya dibuatkan beberapa kios kecil yang bisa digunakan pedagang untuk jualan.

Icon tersebut terletaknya tepat di depan jalan masuk Sarangan lewat jalan baru. Seolah-olah mendorong para wisatawan telaga Sarangan untuk mampir dulu mencoba sensasi memetik buah stroberi langsung dari kebun.Turun sedikit dari telaga Sarangan anda akan sudah bisa melihat hamparan kebun strawberry yang terlihat hijau, menyejukkan mata. Di pinggir jalan sudah dibangun beberapa kios yang menjual jajanan khas Sarangan.

Kita tidak sama sekali dipungut biaya mengunjungi wisata ini, sedangakan Semua tanaman stroberi ditanam dalam polybag/karung dan ditata rapi berjajar sehingga memudahkan saat memetik. Berkat cuaca yang pas, semua tanaman bisa menghasilkan stroberi dengan warna merah menyala, rasa manis menyegarkan dan buah yang juicy.

Jika anda ingin memakan secepatnya maka pilihkan strawberry yang merah empuk (benar-benar matang) namun jika ingin membawa pulang sebagai oleh-oleh maka pilihlah yang sedikit keras dengan sedikit warna kuning sehingga nanti saat sampai rumah tidak lembek.
Perawatan kebun strawberry baik itu di Sarangan ataupun Tawangmangu tidak memakai pestisida sehingga aman langsung dimakan tanpa dicuci terlebih dahulu. Untuk mendapatkan buah yang baik, disarankan untuk memetik maksimal 3 buah saja dari 1 pohon.

Walupun kalian bebas disini, setidaknya kalian tetap jaga kebersihan selalu dan menomor satukan kebersihan dan budaya membuang sampah ya, agar petani tidak kesulitan dan keberatan sat membersihkan area ini.

Memang benar tidak ada tiket masuk ke kebun namun ternyata harga Stroberi yang kita petik ini sedikit lebih mahal dibandingkan stroberi yang dijual oleh para pedagang. Alasannya karena buah lebih fresh dan pengunjung mendapatkan kesenangan saat memetik. Perbedaan harga bisa mencapai 10 ribu rupiah. Para pengunjung tidak boleh memakan langsung strawberry ini karenan belum termasuk hitungan. Di sekitar kebun sudah dibangun tempat yang diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin langsung memakan stoberi yang baru dipetik. Pengelola kebun juga menyediakan susu kental manis sebagai pendamping makan buah yang terasa manis dengan sedikit asam ini.Sebaiknya anda berkunjung ke Agrowisata kebun strawberry petik sendiri di Sarangan saat jarang hujan. Karena curah hujan yang tinggi bisa membuat buah mudah busuk dan terasa hambar, tentunya tanah di kebun menjadi becek.

Strawberry adalah salah satu buah yang sering dijadikan sebagai bahan jajanan anak-anak seperti permen, es krim ataupun roti, pastinya anak-anak akan menyukainya. Selain itu kebun strawberry petik sendiri dapat dijadikan sarana edukasi agar anak-anak mencintai alam. Lihat saja saat musim liburan sekolah, banyak rombongan anak TK dengan bus pariwisata yang datang. Nuansa kebun ini sangat asri. Dengan kuliner yang khas dan sate kelinci yang hangat dan menemani. Jika kalian kemari cobalah mengunjungi satu dari deretan kebun strawberry ini.

Source Wisata blog vokamo
Comments
Loading...