Megahnya Masjid Raya Al-Munawar di Kota Ternate

0 101

Masjid Raya Al-Munawar

Masjid Raya Al Munawar adalah Masjid terbesar di Kota Ternate. Masjid yang dibangun pada pertengahan tahun 2003 ini diresmikan pada tangal 5 atau 6 Agustus 2010 oleh Walikota Ternate Drs. H. Syamsir Andili. Terletak di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Masjid ini menjadi ikon kota Ternate serta kebanggaan warganya.

Masjid Raya Al Munawar di bangun diatas lahan seluas kurang lebih 6 hektar dan dapat menampung sekitar 15.000 jamaah sekaligus. Dan hal ini dinilai sangat wajar mengingat Kota Ternate dikenal sebagai Kota Madani, dimana 95% penduduknya adalah beragama Islam.

Hal unik yang dimiliki Masjid ini adalah posisi nya yang berdiri di bibir pantai Swering Gamalama, dengan mempunyai empat buah tiang menara, dimana dua di antara-nya berada di darat, dan dua menara terendam di laut. Karena hal tersebut Masjid Raya Al Munawar sering disebut Masjid terapung. Amazingkan!

Saat kalian masuk ke dalam masjid, kalian akan merasakan sejuknya angin pantai yang berhembus masuk melalui sisi bangunan masjid ini. Suara air laut menambah khusyu-nya orang-orang yang sedang beribadah didalamnya.

Hal lain yang tidak boleh terlewatkan adalah lantai keramik yang menghilap dan bening serta pilar-pilar putih dengan ornamen berwarna emas diujungnya menghisai bagian dalam masjid sehingga menambah keindahanya. Dengan mengitari masjid ini, kalian akan melihat pemandangan indah disekitar Pulau Ternate.

Lautnya yang tenang dengan bentangan pulau Tidore, Halmahera, Maitara membuat waktu disini berjalan sangat lambat. Di sisi lain dari Masjid Raya Al Munawwar, kalian bisa melihat pemandangan Gunung Gamalama yang begitu hijau. Beribadah di masjid ini seakan membuat kalian merasa ada di perbatasan antara tiga alam : air, laut, dan udara.

Source https://backpackerjakarta.com https://backpackerjakarta.com/megahnya-masjid-raya-al-munawar-yang-berdiri-dibibir-pantai-swering-gamalama-ternate/
Comments
Loading...