Mata Air Tembeling di Nusa Penida

0 45

Mata Air Tembeling

Mata Air Tembeling Nusa Penida menjadi daya tarik tersembunyi yang dimiliki oleh Nusa Penida. Keberadaan mata air ini membuktikan, Nusa Penida tak hanya punya pantai indah. Mata air ini bahkan dijadikan sebagai mata air yang sakral dan suci bagi masyarakat Bali. Perjalanan menuju lokasi Mata Air Tembeling Nusa Penida sangat membutuhkan tenaga dan perjuangan ekstra. Ini karena letaknya di tengah hutan dan jauh dari pemukiman warga. Setelah parkir kendaraan, perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki menapaki tebing-tebing bebatuan. Menyusuri jalan ini sangat sesuai bagi pecinta trekking dan petualangan. Sensasi yang didapatkan ketika menyusuri jalanan berbatu ini sungguh luar biasa. Hutan yang masih hijau, sangat dijaga kelestariannya oleh masyarakat sekitar.

Akses Menuju Mata Air Tembeling

Secara administrasi, Mata Air Tembeling masuk dalam wilayah Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida. Dari Pelabuhan Sampalan hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan menuju Mata Air Tembeling Nusa Penida. Pengunjung dapat menggunakan sepeda motor untuk menuju lokasi yang berada di sisi tengah Pulau Nusa Penida ini.

Wisata Mata Air Tembeling memiliki keunikan tersendiri. Yang pertama adalah adanya ngarai-ngarai kecil di sepanjang jalan menuju lokasi mata air. Ngarai ini terletak di seberang jurang dan terdapat dua bekas aliran air terjun. Namun sayang, air terjun tersebut tidak mengalir lagi dan hanya meninggalkan jejak seperti air terjun. Yang kedua dan menjadi daya tarik utama adalah mata air Tembeling itu sendiri yang airnya sangat jernih. Mata air ini membentuk sebuah telaga dengan lebar sekitar 8×10 meter persegi. Kedalamannya sekitar 10 meter. Uniknya, lokasi telaga ini hanya pengunjung laki-laki yang boleh berendam atau mandi di sini.

Sementara itu, Pengunjung perempuan boleh mandi dan berendam di mata air lain yang berada di sebelah bawah, sekitar 20 meter dari mata air utama. Di mata air kedua ini lebih dangkal hanya sekitar 50 centimeter. Selain memiliki keindahan alam yang mempesona, di sekitar lokasi Mata Air Tembeling berdiri pula pura-pura suci. Di antaranya Pura Pancuhan Tembeling yang posisinya berada persis di samping mata air yang disucikan, kemudian Pura Batu Bolong sebagai pura penjaga, lantas Pura Pesimpangan Ratu Kanjeng adalah pura yang paling besar. Dan terakhir Pura Taman Panca Gangga yang difungsikan sebagai penjaga di pintu masuk kawasan. Warga setempat yang beragama Hindu sering melaksanakan upacara setiap enam bulan sekali di lokasi Mata Air Tembeling karena merupakan tempat yang disucikan.

Source https://www.kintamani.id https://www.kintamani.id/mata-air-tembeling-nusa-penida-pesonanya-menarik-siapa-saja-00800.html
Comments
Loading...