Masjid Walima Emas, Tempat Wisata Religi di Kab. Gorontalo

0 57

Masjid Walima Emas

Mesjid Walima Emas, ini merupakan salah satu destinasi wisata religi yang terletak di Desa Bongo, Kecamatan Batuda’a Pantai, Kabupaten Gorontalo. Mesjid ini berada dalam lokasi Desa Wisata Religius Bubohu.  Masjid Walima Emas ini diresmikan tepat pada tanggal 12-12-2012 pukul 12.12 WITA. Peresmian Masjid Walima Emas dilakukan dengan sholat bersama, dzikir serta pagelaran budaya Islam.
Empat kubah yang pada ada pada Masjid Walima Emas ini terlihat berdiri kokoh dengan warna cat kuning keemasan, berbentuk walima yang terang dan bersinar ketika menjelang malam atau saat matahari terbenam. Tak hanya itu, Kalender Islam atau Kalender Hijriah terbesar di dunia terdapat di Masjid ini. Bersebelahan dengan Masjid, terdapat Kolam Miem, Sebuah kolam dengan air pegunungan alami, yang dingin dan sejuk.
Masjid Walima Emas ini juga berdekatan dengan Desa Wisata Religius Bubohu. Hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua atau toda empat dari pusat Kota Gorontalo. Sepanjang perjalanan yang berliku, kita akan ditemani pemandangan alam TelukTomini yang indah  Siapapun yang datang berkunjung ke masjid ini pasti akan terpesona dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Hamparan luas samudra yang membentang, bukit-bukit kecil yang indah, deretan rumah-rumah penduduk serta jejeran perahu-perahu nelayan di pesisir pantai, membuat anda terhanyut dengan panorama alam yang menajubkan Bagi pengunjung atapun wisatawan yang hendak ke lokasi, harus melewati jalan yang berkelok-kelok dan menanjak melalui lereng perbukitan khas dataran sulawesi.
Diperjalanan ini pengunjung ditemani segarnya warna hijau pepohonan dan aroma asin khas lautan biru. Dari Bandara Jalaluddin ke Desa Wisata Religius Bubohu kurang lebih dua jam perjalanan. Jika anda berangkat dari Ibukota Provinsi Gorontalo menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, perjalanannya menempuh waktu sekitar tiga puluh menit saja. Masjid Walima Emas ini berbentuk persegi dengan ukuran 10×10 M2 yang terdiri dari dua lantai. Lantai kedua langsung beratapkan langit. Dari lantai inilah kita bisa menikmati seluruh keindahan alam Gorontalo.

Setiap tahun, warga menyelenggarakan festival walima dalam rangka memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW. Puluhan bahkan ratusan ‘Toyopo’ atau ‘Tolangga’ masyarakat Gorontalo menyebutnya seperti itu, Toyopo’ atau ‘Tolangga’ ini yakni tempat yang berisikan kue khas Gorontalo digiring ke Masjid Walima Kubah Emas yang terletak di atas gunung, yang tidak jauh dari Wombohe, untuk didoakan bersama, selanjutnya dibagikan kepada masyarakat yang ada di sekitar.
Source http://bintalahe.blogspot.com http://bintalahe.blogspot.com/2018/11/wisata-religi-ke-masjid-walima-emas.html
Comments
Loading...